Universitas Islam Bandung Repository

Penggunaan Model Pembelajaran Permainan Kartu Huruf untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Cahaya Ibu Kota Bandung

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
dc.creator Febriani, Wini
dc.creator Rachmah, Huriah
dc.creator Tsaury, Adang M
dc.date 2020-01-26
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/paud/article/view/19845
dc.identifier 10.29313/.v0i0.19845
dc.description Abstract. The purpose of this study was to determine the effect of using letter card games to improve the literacy skills of early 5-6 years children in Early Childhood Education (PAUD) CahayaIbu, the capital city of Bandung.This research uses quasi experimental method. The type of quasi-experimental method used is to use the design “Posttest Only Control Design” that is there are two groups selected, the experimental group and the control group. The population of the research is all children of Early Childhood Education as many as 30 peoples. The sample in this research was the smartclass which consisted of 15 children. The data analysis technique uses the t-test, because the two samples test where relatively small, the normality and homogenity tests were not carried out so the direct data analysis used the t-test.Based on the results of the research and discussion conducted, it was concluded that the use of the letter card learning model influences the literacy skills of early 5-6 years children in Early Childhood Education (PAUD) Cahaya Ibu the capital city of Bandung.Keywords : Literacy Skills, Letter Card Games, Learning models Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan permainan kartu huruf dalam meningkatakan keterampilan literasi anak usia dini 5-6 tahun di PAUD Cahaya Ibu Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen. Adapun jenis metode quasi eksperimen yang digunakan adalah menggunakan rancangan “Posttest-Only Control Design” yaitu terdapat dua kelompok yang dipilih, kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi penelitian adalah seluruh anak PAUD Cahaya Ibu sebanyak 30 orang. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas Smartclass yang terdiri dari 15 anak. Teknik analisis datanya menggunakan uji t, karena dua sampel yang diuji relative kecil maka uji normalitas dan homogenitas tidak dilakukan sehingga analisis data langsung menggunakan uji t. Hasil penelitian membuktikan ada pengaruh yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran kartu huruf berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan literasi anak usia dini usia 5-6 tahun di PAUD Cahaya Ibu Kota Bandung.Kata Kunci :Keterampilan Literasi, Permainan kartu huruf, Model Pembelajaran
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/paud/article/view/19845/pdf
dc.rights Copyright (c) 2020 Prosiding Pendidikan Guru PAUD
dc.source Prosiding Pendidikan Guru PAUD; Vol 6, No 1, Pendidikan Guru PAUD (Februari, 2020); 14-20
dc.source Prosiding Pendidikan Guru PAUD; Vol 6, No 1, Pendidikan Guru PAUD (Februari, 2020); 14-20
dc.source 2460-6421
dc.source 10.29313/.v0i0
dc.subject Pendidikan Guru PAUD
dc.subject Keterampilan Literasi, Permainan kartu huruf, Model Pembelajaran
dc.title Penggunaan Model Pembelajaran Permainan Kartu Huruf untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Cahaya Ibu Kota Bandung
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - PG PAUD [106]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account