dc.contributor |
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan |
|
dc.creator |
Febriani, Wini |
|
dc.creator |
Rachmah, Huriah |
|
dc.creator |
Tsaury, Adang M |
|
dc.date |
2020-01-26 |
|
dc.identifier |
http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/paud/article/view/19845 |
|
dc.identifier |
10.29313/.v0i0.19845 |
|
dc.description |
Abstract. The purpose of this study was to determine the effect of using letter card games to improve the literacy skills of early 5-6 years children in Early Childhood Education (PAUD) CahayaIbu, the capital city of Bandung.This research uses quasi experimental method. The type of quasi-experimental method used is to use the design “Posttest Only Control Design” that is there are two groups selected, the experimental group and the control group. The population of the research is all children of Early Childhood Education as many as 30 peoples. The sample in this research was the smartclass which consisted of 15 children. The data analysis technique uses the t-test, because the two samples test where relatively small, the normality and homogenity tests were not carried out so the direct data analysis used the t-test.Based on the results of the research and discussion conducted, it was concluded that the use of the letter card learning model influences the literacy skills of early 5-6 years children in Early Childhood Education (PAUD) Cahaya Ibu the capital city of Bandung.Keywords : Literacy Skills, Letter Card Games, Learning models Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan permainan kartu huruf dalam meningkatakan keterampilan literasi anak usia dini 5-6 tahun di PAUD Cahaya Ibu Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen. Adapun jenis metode quasi eksperimen yang digunakan adalah menggunakan rancangan “Posttest-Only Control Design” yaitu terdapat dua kelompok yang dipilih, kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi penelitian adalah seluruh anak PAUD Cahaya Ibu sebanyak 30 orang. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas Smartclass yang terdiri dari 15 anak. Teknik analisis datanya menggunakan uji t, karena dua sampel yang diuji relative kecil maka uji normalitas dan homogenitas tidak dilakukan sehingga analisis data langsung menggunakan uji t. Hasil penelitian membuktikan ada pengaruh yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran kartu huruf berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan literasi anak usia dini usia 5-6 tahun di PAUD Cahaya Ibu Kota Bandung.Kata Kunci :Keterampilan Literasi, Permainan kartu huruf, Model Pembelajaran |
|
dc.format |
application/pdf |
|
dc.language |
eng |
|
dc.publisher |
Universitas islam Bandung |
|
dc.relation |
http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/paud/article/view/19845/pdf |
|
dc.rights |
Copyright (c) 2020 Prosiding Pendidikan Guru PAUD |
|
dc.source |
Prosiding Pendidikan Guru PAUD; Vol 6, No 1, Pendidikan Guru PAUD (Februari, 2020); 14-20 |
|
dc.source |
Prosiding Pendidikan Guru PAUD; Vol 6, No 1, Pendidikan Guru PAUD (Februari, 2020); 14-20 |
|
dc.source |
2460-6421 |
|
dc.source |
10.29313/.v0i0 |
|
dc.subject |
Pendidikan Guru PAUD |
|
dc.subject |
Keterampilan Literasi, Permainan kartu huruf, Model Pembelajaran |
|
dc.title |
Penggunaan Model Pembelajaran Permainan Kartu Huruf untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Cahaya Ibu Kota Bandung |
|
dc.type |
info:eu-repo/semantics/article |
|
dc.type |
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
dc.type |
Peer-reviewed Article |
|
dc.type |
kualitatif |
|