Universitas Islam Bandung Repository

Peningkatan Kemampuan Bahasa (Keaksaraan) melalui Permainan KOMIKA (Kotak Misteri Kata) pada Anak Kelompok B TK Bhinneka Bhakti Bandung

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
dc.creator Handayani, Tri
dc.creator Marhun, Masnipal
dc.creator Mulyani, Dewi
dc.date 2020-01-26
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/paud/article/view/20182
dc.identifier 10.29313/.v0i0.20182
dc.description Abstract. This study aims to improve language skills (literacy) through the game Komika (Word mystery box) in group B kindergarten Bhinneka Bhakti Bandung. The ability of the language (literacy) that is studied is to recognize the letters a-z symbols, recognize words, and say words and syllables. This type of research is a classroom action research developed by Kurt Lewin. The subjects of this study were 14 children in group B kindergarten Bhinneka Bhakti Bandung. The method of collecting data through observation and documentation. The data analysis technique used was descriptive statistical analysis. The results showed that language skills (literacy) could be improved through the game of Komika. Observation results can be seen from the increase in language skills (literacy) in each cycle. At the time of pre-cycle shows that there are still many children who have not developed in knowing the letters a-z symbols, recognize word, and say words and syllables. After making improvements in the first cycle showed to result began to increase the ability of children who bgan to develop in recognizing  a-z symbol letters, recognize word, and say words and syllables. Then in cycle II shows an increase in children who have developed very well in recognizing the letters a-z symbols, recognize words, and say words and syllables. In cycle III shows more and more children who have developed very well in recognizingggg yhe letters a-z symbols, recognize words, and pronounce words and syllables.Keywords: Literacy, Komika Games, Group B.Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa (keaksaraan) melalui permainan Komika (Kotak misteri kata) pada anak kelompok B TK Bhinneka Bhakti Bandung. Kemampuan bahasa (keaksaraan) yang diteliti yaitu mengenal simbol-simbol huruf a-z, mengenal kata, dan mengucapkan kata dan suku kata. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dikembangkan oleh Kurt Lewin. Subjek penelitian ini adalah 14 anak kelompok B TK Bhinneka Bhakti Bandung. Metode pengumpulan data melalui pengamatan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan secara analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan bahasa (Keaksaraan) dapat ditingkatkan melalui permainan Komika. Hasil observasi dapat dilihat dari meningkatnya kemampuan bahasa (keaksaraan) pada setiap siklusnya. Pada saat pra siklus menunjukkan bahwa masih banyak anak  yang belum berkembang dalam mengenal simbol-simbol  huruf a-z, mengenal kata, dan mengucapkan kata dan suku kata. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus I menunjukkan hasil mulai terjadi peningkatan kemampuan anak yang mulai berkembang dalam mengenal simbol-simbol huruf a-z, mengenal kata, dan mengucapkan kata dan suku kata. Kemudian pada siklus II menunjukkan terjadi peningkatan anak yang sudah berkembang sangat baik dalam mengenal  simbol-simbol huruf a-z, mengenal kata, dan mengucapkan kata dan suku kata. Pada siklus III  menunjukkan makin bertambah lagi anak yang sudah berkembang sangat baik dalam mengenal  simbol-simbol huruf a-z, mengenal kata, dan mengucapkan kata dan suku kata.Kata Kunci: Keaksaraan, Permainan Komika, Kelompok B 
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/paud/article/view/20182/pdf
dc.rights Copyright (c) 2020 Prosiding Pendidikan Guru PAUD
dc.source Prosiding Pendidikan Guru PAUD; Vol 6, No 1, Pendidikan Guru PAUD (Februari, 2020); 41-44
dc.source Prosiding Pendidikan Guru PAUD; Vol 6, No 1, Pendidikan Guru PAUD (Februari, 2020); 41-44
dc.source 2460-6421
dc.source 10.29313/.v0i0
dc.subject Pendidikan Guru PAUD
dc.subject Keaksaraan, Permainan Komika, Kelompok B
dc.title Peningkatan Kemampuan Bahasa (Keaksaraan) melalui Permainan KOMIKA (Kotak Misteri Kata) pada Anak Kelompok B TK Bhinneka Bhakti Bandung
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - PG PAUD [106]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account