Universitas Islam Bandung Repository

Peningkatan Kemampuan Membilang Angka Arab melalui Permainan Bunga Angka pada Anak Kelompok A TK Islam Lathifiyah

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
dc.creator Susilowati, Sri
dc.creator Nuroni, Enoh
dc.creator Hakim, Arif
dc.date 2020-01-27
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/paud/article/view/20952
dc.identifier 10.29313/.v0i0.20952
dc.description Abstract. This research is motivated by the students of group A TK Islam Lathifiyah who experience problems in their specificity that is children do not know the symbol of Arabic numbers, not able to mention the symbols of numbers in Arabic 1-10, have not been able to sort symbol of Arabic number 1-10, This study aims to improve the ability of Arabic numerals in group A TK Islam Lathifiyah through media interest games. The research method used is a classroom action research method. This research  was conducted in 5 cycles. The research subjects were students of group A TK Islam Lathifiyah with a total of 7 children. Data collection techniques using the method of observation. The result of the study stated that after using the flower game the numbers showed an increase in indicators regarding Arabic symbols 1-10 by 85.7%, mention numbers in Arabic 1-10 by 85,7%, numerate objects using Arabic 1-10 by 85.7%, sort Arabic numbers and symbols 1-10 by 85.7%.Keywords: Counting Ability, Number Flower Games.Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa-siswa kelompok A TK Islam Lathifiyah yang mengalami masalah dalam kekhususan mereka yaitu anak-anak yang tidak mengenal lambang bilangan Arab, belum dapat menyebutkan lambang-lambang bilangan dalam bahasa Arab 1-10, belum mampu semacam simbol angka Arab 1-10, Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan angka Arab dalam kelompok A TK Islam Lathifiyah melalui media permainan minat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam 5 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelompok A TK Islam Lathifiyah dengan total 7 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa setelah menggunakan permainan bunga angka-angka menunjukkan peningkatan indikator mengenai simbol-simbol Arab 1-10 sebesar 85,7%, menyebutkan angka-angka dalam bahasa Arab 1-10 sebesar 85,7%, menghitung objek menggunakan bahasa Arab 1-10 oleh 85,7%, urutkan angka Arab dan simbol 1-10 dengan 85,7%.Kata Kunci: Kemampuan Membilang. Permainan Bunga Angka  
dc.language id
dc.publisher Universitas islam Bandung
dc.rights Copyright (c) 2020 Prosiding Pendidikan Guru PAUD
dc.source Prosiding Pendidikan Guru PAUD; Vol 6, No 1, Pendidikan Guru PAUD (Februari, 2020); 117-121
dc.source Prosiding Pendidikan Guru PAUD; Vol 6, No 1, Pendidikan Guru PAUD (Februari, 2020); 117-121
dc.source 2460-6421
dc.source 10.29313/.v0i0
dc.subject Pendidikan Guru PAUD
dc.subject Kemampuan Membilang. Permainan Bunga Angka
dc.title Peningkatan Kemampuan Membilang Angka Arab melalui Permainan Bunga Angka pada Anak Kelompok A TK Islam Lathifiyah
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - PG PAUD [106]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account