dc.contributor |
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan |
|
dc.creator |
Susilowati, Sri |
|
dc.creator |
Nuroni, Enoh |
|
dc.creator |
Hakim, Arif |
|
dc.date |
2020-01-27 |
|
dc.identifier |
http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/paud/article/view/20952 |
|
dc.identifier |
10.29313/.v0i0.20952 |
|
dc.description |
Abstract. This research is motivated by the students of group A TK Islam Lathifiyah who experience problems in their specificity that is children do not know the symbol of Arabic numbers, not able to mention the symbols of numbers in Arabic 1-10, have not been able to sort symbol of Arabic number 1-10, This study aims to improve the ability of Arabic numerals in group A TK Islam Lathifiyah through media interest games. The research method used is a classroom action research method. This research was conducted in 5 cycles. The research subjects were students of group A TK Islam Lathifiyah with a total of 7 children. Data collection techniques using the method of observation. The result of the study stated that after using the flower game the numbers showed an increase in indicators regarding Arabic symbols 1-10 by 85.7%, mention numbers in Arabic 1-10 by 85,7%, numerate objects using Arabic 1-10 by 85.7%, sort Arabic numbers and symbols 1-10 by 85.7%.Keywords: Counting Ability, Number Flower Games.Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa-siswa kelompok A TK Islam Lathifiyah yang mengalami masalah dalam kekhususan mereka yaitu anak-anak yang tidak mengenal lambang bilangan Arab, belum dapat menyebutkan lambang-lambang bilangan dalam bahasa Arab 1-10, belum mampu semacam simbol angka Arab 1-10, Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan angka Arab dalam kelompok A TK Islam Lathifiyah melalui media permainan minat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam 5 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelompok A TK Islam Lathifiyah dengan total 7 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa setelah menggunakan permainan bunga angka-angka menunjukkan peningkatan indikator mengenai simbol-simbol Arab 1-10 sebesar 85,7%, menyebutkan angka-angka dalam bahasa Arab 1-10 sebesar 85,7%, menghitung objek menggunakan bahasa Arab 1-10 oleh 85,7%, urutkan angka Arab dan simbol 1-10 dengan 85,7%.Kata Kunci: Kemampuan Membilang. Permainan Bunga Angka |
|
dc.language |
id |
|
dc.publisher |
Universitas islam Bandung |
|
dc.rights |
Copyright (c) 2020 Prosiding Pendidikan Guru PAUD |
|
dc.source |
Prosiding Pendidikan Guru PAUD; Vol 6, No 1, Pendidikan Guru PAUD (Februari, 2020); 117-121 |
|
dc.source |
Prosiding Pendidikan Guru PAUD; Vol 6, No 1, Pendidikan Guru PAUD (Februari, 2020); 117-121 |
|
dc.source |
2460-6421 |
|
dc.source |
10.29313/.v0i0 |
|
dc.subject |
Pendidikan Guru PAUD |
|
dc.subject |
Kemampuan Membilang. Permainan Bunga Angka |
|
dc.title |
Peningkatan Kemampuan Membilang Angka Arab melalui Permainan Bunga Angka pada Anak Kelompok A TK Islam Lathifiyah |
|
dc.type |
info:eu-repo/semantics/article |
|
dc.type |
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
dc.type |
Peer-reviewed Article |
|
dc.type |
kualitatif |
|