Universitas Islam Bandung Repository

Peningkatan Kemampuan Berpikir Logis Matematis Anak Usia 4-5 Tahun melalui Permainan Konstruksi Origami di PAUD Mutiara Ibu

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
dc.creator Herlawati, Ani
dc.creator Erhamwilda, Erhamwilda
dc.creator Afrianti, Nurul
dc.date 2020-01-26
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/paud/article/view/20264
dc.identifier 10.29313/.v0i0.20264
dc.description Absract. This research is motivated by the stimulation of learning that is less attractive to children, especially in the ability to think logically mathematically children aged 4-5 years at Mother of Mother Paud of this study is to improve the ability to sort objects based on 5 variations in size, recognize patterns (AB-AB and ABC-ABC), grouping objects according to colour, shape, size and recognizing the concept of numbers.The research method used is classroom action research. Subjects were group A children of 14 children. Data collection techniques used were observation, performance and documentation. The instrument used was an observation guide. The data analysis technique is a qualitative descriptive analysis. Succes indikators are set at least 75% of the 14 children who are able to think logically mathematically with good criteria. This research was conducted in two cycles.The result showed that children’s mathematical logical thinking skills increased after the action through origami construction games. In Cycle I by 63% with an increase of 13% and in Cycle II by 89% with an increase of 26%. The percentage acquisition shows that mathematical logical thinking ability of children aged 4-5 years through origami construction games with very good criteria has reached an indikator of 80% success.Keyword:  Games, Origami Construction, Logical Thinking AbilityAbstrak. Penelitian ini dilatar belakangi oleh stimulasi pembelajaran yang kurang menarik untuk anak khususnya dalam kemampuan berpikir logis matematis.Tujuan dalam penelitian  ini untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis matematis anak usia 4-5 tahun di Paud Mutiara Ibu yang meliputi kemampuan mengurutkan benda berdasarkan 5 variasi ukuran, mengenal pola (AB-AB dan ABC-ABC), mengelompokkan benda berdasarkan warna, bentuk, ukuran dan mengenal konsep bilangan.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah anak kelompok A yang berjumlah 14 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, unjuk kerja dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi.Teknik analisis data dilakukan adalah analisis deskriptip kualitatif. Indikator keberhasilan yang ditetapkan minimal 75% dari 14 anak yang mampu berpikir logis matematis dengan kriteria baik. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua Siklus.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir logis matematis anak meningkat setelah adanya tindakan melalui permainan konstruksi origami.Pada Siklus I sebesar 63% dengan peningkatan 13% dan pada Siklus II sebesar 89% dengan peningkatan 26%. Perolehan presentase tersebut menunjukkan bahwa kemampuan berpikir logis matematis anak usia 4-5 tahun melalui permainan konstruksi origami dengan kriteria sangat baik telah mencapai indikator keberhasilan 80%.Kata Kunci: Permainan, Konstruksi Origami, Kemampuan  Berpikir logis 
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/paud/article/view/20264/pdf
dc.rights Copyright (c) 2020 Prosiding Pendidikan Guru PAUD
dc.source Prosiding Pendidikan Guru PAUD; Vol 6, No 1, Pendidikan Guru PAUD (Februari, 2020); 50-54
dc.source Prosiding Pendidikan Guru PAUD; Vol 6, No 1, Pendidikan Guru PAUD (Februari, 2020); 50-54
dc.source 2460-6421
dc.source 10.29313/.v0i0
dc.subject Pendidikan Guru PAUD
dc.subject Permainan, Konstruksi Origami, Kemampuan Berpikir logis
dc.title Peningkatan Kemampuan Berpikir Logis Matematis Anak Usia 4-5 Tahun melalui Permainan Konstruksi Origami di PAUD Mutiara Ibu
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - PG PAUD [106]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account