Description:
Abstract.To increase sales and invite consumer interest one of the marketing systems is promotion.In syariah marketing both the process of creation, bidding, or the process of changing values must not be contrary to the contract and the principle of Islamic muamalah.But in practice this Top Spender promotion buyers indirectly over-behave ie spend a lot of money to get a prize, and buyers also have not received certainty of winning or losing.Thus, in this thesis the author addresses specifically the promotion principle based on sharia marketing, explain Wardah's top spender promotion practices at Blibli.com, and find out syariah marketing analysis of Wardah top spender promotion practices at Blibli.com marketplace.The method used is a qualitative method with a qualitative descriptive approach. Data collection is done by interview, observation and literature study. The results showed that:first, the principle of promotion is good intentions, honesty, no fraud, must not underestimate, do not encourage wastefulness, and halal products, and secondly some promotion principles that are not appropriate namely there is no clarity on the number of winners from Blibli and Wardah, not transparent in announcing the winners and this promotion also encourages buyers to spend extravagantly by inviting as many Wardah products to shop.Keywords : Syariah Marketing,Promotion,Top Spender,Wardah.Abtrak.Untuk meningkatkan penjualan dan mengundang minat konsumen salah satu sistem pemasaran yaitu Promosi. Dalam pemasaran syariah baik proses penciptaan, penawaran, maupun proses perubahan nilai tidak boleh ada hal yang bertentangan dengan akan dan prinsip muamalah yang islami. Namun dalam praktiknya promosi Top Spender ini pembeli secara tidak langsung berperilaku berlebihan yaitu mengeluarkan uang dengan banyak demi mendapatkan hadiah, dan pembeli juga belum mendapatkan kepastian menang atau kalah. Dengan demikian, dalam skripsi ini penulis membahas secara spesifik tentang prinsip promosi berdasarkan pemasaran syariah, menjelaskan praktik promosi top spender Wardah di Blibli.com, dan mengetahui analisis pemasaran syariah terhadap praktik promosi top spender Wardah di marketplace Blibli.com. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan Studi Literatur. Hasil penelitian menunjukan bahwa : pertama, prinsip promosi adalah yaitu niat baik, kejujuran, tidak ada penipuan, tidak boleh meremehkan, tidak mendorong pemborosan, dan produk halal, dan kedua beberapa prinsip promosi yang tidak sesuai yaitu tidak ada kejelasan jumlah pemenang dari pihak Blibli dan Wardah, tidak transparan dalam mengumumkan pemenang dan promosi ini juga mendorong pembeli berbuat boros yaitu dengan mengajak berbelanja banyak produk Wardah sebanyak banyaknya.Kata Kunci : Pemasaran Syariah, Promosi, Top Spender, Wardah.