Universitas Islam Bandung Repository

Analisis Hukum Islam terhadap Pemberian Voucher Hadiah Kepada Setiap Pembeli Studi Kasus pada Akun Instagram Mayoutfit

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Syariah
dc.creator Latifah, Syifa Laeli
dc.creator A Saputra, Panji Adam
dc.creator Yunus, Muhammad
dc.date 2020-09-03
dc.date.accessioned 2021-03-15T03:15:47Z
dc.date.available 2021-03-15T03:15:47Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/hukum_ekonomi_syariah/article/view/22223
dc.identifier 10.29313/syariah.v6i2.22223
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/28028
dc.description  Abstract. Social media is a media that is favored by online shop managers, one of the most popular social media online shops is instagram, because instagram as an online promotion media that is very easy to use. One example of promotions at this time is giving gifts in the from of vouchers, giving vouchers of this kind is also done by instagram accounts Mayoutfit and Boutonne.co, in the award of gift vouchers conducted by Mayoutfit and Boutonne.co, participants are requires to buy Boutonne.co products on their shopee account. The purpose of this study was to find out first: the practice of giving gift vouchers to Mayoutfit’s instagram account, second: analysis of Islamic law on the granting of these vouchers.The method used in this research is, descriptive qualitative analysis method. The data used are primary and secondary data. Data collection techniques carried out by interview and documentation. The results showed that the first: based on an analysis of Islamic law on gift vouchers conducted by Mayoutfit are included in the lottery which is prohibited by the Shariah because it measures the intent of the buyer, deliberately bought two products because the hoped they could have more opportunities to win, even though they were not needed. Second: than the law for gift vouchers is closer to the practice of gambling, because the core of the two lies in the uncertainly of whether to win or lose.Keywords : Islamic law, gift vouchers, InstagramAbstrak. Media sosial merupakan media yang digemari oleh pengelola online shop, salah satu media sosial yang digemari oleh online shop adalah Instagram, karena Instagram sebagai media promosi online yang sangat mudah untuk digunakan. Salah satu contoh promosi pada zaman ini adalah memberikan hadiah berupa voucher, pemberian voucher semacam ini juga dilakukan oleh akun Instagram Mayoutfit dan Boutonne.co, dalam pemberian voucher hadiah yang dilakukan oleh Mayoutfit dan Boutonne.co, peserta diwajibkan membeli produk Boutonne.co pada akun shopeenya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pertama: praktik pemberian voucher hadiah pada akun Instagram Mayoutfit, kedua: analisis hukum Islam terhadap pemberian voucher tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah, metode analisis deskriptif kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahawa pertama: berdasarkan analisis hukum Islam terhadap voucher hadiah yang dilakukan oleh Mayoutfit tergolong dalam undian yang dilarang oleh syari’at sebab mengukur maksud pembeli, dengan sengaja membeli dua produk karena berharap bisa lebih banyak kesempatan untuk menjadi pemenang, padahal barang tersebut tidak dibutuhkan, kedua: maka hukum untuk voucher hadiah ini lebih dekat dengan praktik perjudian, karena inti dari keduanya terletak pada ketidakpastian apakah akan menang atau kalahKata kunci : Hukum Islam, Voucher Hadiah, Instagram
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/hukum_ekonomi_syariah/article/view/22223/pdf
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/hukum_ekonomi_syariah/article/downloadSuppFile/22223/4695
dc.rights Copyright (c) 2020 Prosiding Hukum Ekonomi Syariah
dc.source Prosiding Hukum Ekonomi Syariah; Vol 6, No 2, Prosiding Hukum Ekonomi Syariah (Agustus, 2020); 724-727
dc.source Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah; Vol 6, No 2, Prosiding Hukum Ekonomi Syariah (Agustus, 2020); 724-727
dc.source 2460-2159
dc.source 10.29313/syariah.v6i2
dc.subject Hukum Ekonomi Syariah
dc.subject Hukum Islam, Voucher Hadiah, Instagram
dc.title Analisis Hukum Islam terhadap Pemberian Voucher Hadiah Kepada Setiap Pembeli Studi Kasus pada Akun Instagram Mayoutfit
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account