Universitas Islam Bandung Repository

Tinjauan Fiqih Muamalah Akad Ju’alah terhadap Praktik Giveaway Bersyarat pada Online Shop

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Syariah
dc.creator Astuti, Gina Dwi
dc.creator Febriadi, Sandy Rizki
dc.creator Maulida, Ira Siti Rohmah
dc.date 2020-07-28
dc.date.accessioned 2021-03-15T03:16:07Z
dc.date.available 2021-03-15T03:16:07Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/hukum_ekonomi_syariah/article/view/22220
dc.identifier 10.29313/syariah.v6i2.22220
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/28097
dc.description Abstract. Research with the title "Review of Fiqh Muamalah Ju'alah Agreement on Conditional Giveaway Practices in Online Shop (Case Study on Instagram @gianisa_os)". Arranged based on the formulation of the problem, firstly how Muamalah Fiqh theory regarding Ju'alah Agreement, secondly how is the practice of conditional giveaway in the @gianisa_os Online Shop and thirdly how to review the Muamalah Fiqh of Ju'alah Agreement on Conditional Giveaway Practices in the @gianisa_os Online Shop.The method used is field research, namely research conducted based on facts in the field by observation, collecting interview data from parties related to the practice of this giveaway, and literature studies relating to theoretical problems that can support in analyzing data, then the data is constructed and analyzed using a qualitative descriptive analysis method, which is a Review of the Fiqh of Muamalah Ju'alah Agreement on Conditional Giveaway Practices in the online shop @gianisa_os.The results of this study concluded that the practice of the giveaway promotion method on Instagram was in accordance with one of the scope of fiqh mu'amalah, which entered into Al Muamalah Al Madiyah / Maliyah, namely ju'alah contract which was harmonious and the requirements were met. However, in practice there is still uncertainty in the selection of winners here where there is obscurity or in the terminology of Gharar Islamic law from the ju'alah contract in determining the winner.Keywords: Fiqh Muamalah, Ju'alah Covenant, Giveaway. Abstrak. Penelitian dengan judul “Tinjauan Fiqih Muamalah Akad Ju’alah Terhadap Praktik Giveaway Bersyarat pada Online Shop (Studi Kasus di Instagram @gianisa_os)”. Disusun berdasarkan rumusan masalah, yakni pertama bagaimana teori Fiqih Muamalah mengenai Akad Ju’alah, kedua bagaimana praktik Giveaway bersyarat di Online Shop @gianisa_os dan ketiga bagaimana tinjauan Fiqih Muamalah Akad Ju’alah terhadap Praktik Giveaway Bersyarat pada Online Shop @gianisa_os.            Metode yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan berdasarkan fakta di lapangan dengan observasi, mengumpulkan data wawancara dari pihak-pihak yang terkait dengan praktik Giveaway ini, dan studi kepustakaan yang berhubungan dengan masalah-masalah teoritisnya yang dapat mendukung dalam menganalisis data, selanjutnya data dibangun dan dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif, yakni tentang Tinjauan Fiqih Muamalah Akad Ju’alah Terhadap Praktik Giveaway Bersyarat pada online shop @gianisa_os.Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa praktik metode promosi giveaway di Instagram sesuai dengan salah satu ruang lingkup fiqih mu’amalah yang masuk ke dalam Al Muamalah Al Madiyah/Maliyah yaitu akad ju’alah yang rukun dan syaratnya telah terpenuhi. Namun dalam praktiknya masih ada ketidakpastian dalam pemilihan pemenang disini letak ketidakjelasan atau dalam istilah hukum islam gharar dari akad ju’alah dalam menentukan pemenang.Kata Kunci: Fiqih Muamalah, Akad Ju’alah, Giveaway. 
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/hukum_ekonomi_syariah/article/view/22220/pdf
dc.rights Copyright (c) 2020 Prosiding Hukum Ekonomi Syariah
dc.source Prosiding Hukum Ekonomi Syariah; Vol 6, No 2, Prosiding Hukum Ekonomi Syariah (Agustus, 2020); 468-472
dc.source Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah; Vol 6, No 2, Prosiding Hukum Ekonomi Syariah (Agustus, 2020); 468-472
dc.source 2460-2159
dc.source 10.29313/syariah.v6i2
dc.subject Gianisa OS
dc.subject Fiqih Muamalah, Akad Ju’alah, Giveaway.
dc.title Tinjauan Fiqih Muamalah Akad Ju’alah terhadap Praktik Giveaway Bersyarat pada Online Shop
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account