Universitas Islam Bandung Repository

Tanggapan Masyarakat Kota Bandung terhadap Program Penyiaran Dakwah Cahaya Qalbu di Radio Cakra 90.5 FM Bandung

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Dakwah
dc.creator Mauludi, Sulton Arif
dc.creator Effendi, Rachmat
dc.creator HMZ, Nandang
dc.date 2021-01-21
dc.date.accessioned 2021-03-15T03:20:45Z
dc.date.available 2021-03-15T03:20:45Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/dakwah/article/view/25782
dc.identifier 10.29313/pkpi.v7i1.25782
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/28129
dc.description Abstract. This research is about da'wah broadcast programs that have been done by many previous researchers. However, there is no research that examines the public's response to a da'wah broadcasting program with the object of the Bandung city community. On that basis, this research focuses on "how the people of Bandung respond to the broadcasting program of Light Qalbu da'wah on Radio Cakra 90.5 FM Bandung. The purpose of this study is to obtain data about the broadcast program of Light Qalbu da'wah organized by Radio Cakra 90.5 FM Bandung which includes; The strategy for preparing the program for the Qalbu Light broadcast, the response of the people of Bandung to the broadcasting program of the Light of Qalbu, as well as the inhibiting and supporting factors for the people of Bandung in the broadcast program of Light Qalbu on Cakra Radio 90.5 FM Bandung. This study uses descriptive qualitative research methods through field research with a phenomenological approach to the people of the city of Bandung with the subject of the broadcast program of Light Qalbu da'wah on Radio Cakra 90.5 FM Bandung. The results of this study indicate that  first, the material of preaching on the Light of the Qalbu broadcast program always comes from the Al-Qur'an and Hadith. Second, in the preparation of the Light of Qalbu program, there are three strategies consisting of; strategies in preparing for the making of the Light of the Mind broadcast program, marketing strategies (marketing) to introduce the program, and strategies for dealing with competitors. Third, the overall response of the people of Bandung to the broadcast program of the Light of the Qalbu da'wah has provided many positive things, especially in increasing religious knowledge and delivering da'wah messages that are simple, clear and easy to understand. Fourth, the inhibiting and supporting factors for the people of Bandung city in the broadcast program of Light Qalbu are very diverse, they complain a lot about the duration of the broadcast time is not long. In addition, it is supported by good quality radio broadcasts and the content of the da'wah that is presented according to the conditions of the mad'u (listener).Keywords: Da’wah, Radio, Light of the Qalbu, People Abstrak. Penelitian ini tentang program siaran dakwah yang telah banyak dilakukan oleh para peneliti sebelumnya. Namun, belum ada penelitian yang mengkaji tentang tanggapan masyarakat terhadap sebuah program penyiaran dakwah dengan objek masyarakat kota Bandung. Atas dasar itu, penelitian ini berfokus pada “bagaimana tanggapan masyarakat kota Bandung terhadap program penyiaran dakwah Cahaya Qalbu di Radio Cakra 90.5 FM Bandung. Tujuan penelitian ini yaitu untuk memperoleh data tentang program siaran dakwah Cahaya Qalbu yang diselenggarakan oleh Radio Cakra 90.5 FM Bandung yang meliputi; strategi penyusunan pembuatan program siaran Cahaya Qalbu, tanggapan masyarakat kota Bandung terhadap program penyiaran dakwah Cahaya Qalbu, serta faktor penghambat dan pendukung masyarakat kota Bandung dalam program siaran dakwah Cahaya Qalbu di Radio Cakra 90.5 FM Bandung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif melalui penelitian lapangan dengan pendekatan fenomenologi terhadap masyarakat kota Bandung dengan subyek program siaran dakwah Cahaya Qalbu di Radio Cakra 90.5 FM Bandung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa yang pertama, materi dakwah pada program siaran Cahaya Qalbu selalu bersumber pada Al-Qur’an dan Hadits. Kedua, dalam penyusunan program Cahaya Qalbu memiliki tiga strategi yang terdiri atas; strategi dalam mempersiapkan pembuatan program siaran Cahaya Qalbu, strategi marketing (pemasaran) untuk mempekenalkan program tersebut, dan strategi dalam menghadapi kompetitor. Ketiga, secara keseluruhan tanggapan masyarakat kota Bandung terhadap program siaran dakwah Cahaya Qalbu banyak memberikan hal positif terutama dalam peningkatan ilmu pengetahuan agama serta penyampaian pesan-pesan dakwah yang sederhana, jelas dan mudah dimengerti. Keempat, faktor penghambat dan pendukung masyarakat kota Bandung dalam program siaran dakwah Cahaya Qalbu sangat beragam, mereka banyak mengeluhkan perihal durasi waktu siarannya yang kurang lama. Selain itu, didukung oleh kualitas siaran radio yang bagus dan konten dakwah yang disajikan menyesuaikan dengan kondisi mad’u (pendengar).Kata Kunci: Dakwah, Radio, Cahaya Qalbu, Masyarakat 
dc.language id
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.rights Copyright (c) 2021 Prosiding Komunikasi Penyiaran Islam
dc.source Prosiding Komunikasi Penyiaran Islam; Vol 7, No 1, Komunikasi Penyiaran Islam (Februari, 2021); 6-12
dc.source Prosiding Komunikasi Penyiaran Islam; Vol 7, No 1, Komunikasi Penyiaran Islam (Februari, 2021); 6-12
dc.source 2460-6405
dc.source 10.29313/.v7i1
dc.subject Komunikasi dan Penyiaran Islam
dc.subject Dakwah, Radio, Cahaya Qalbu, Masyarakat
dc.title Tanggapan Masyarakat Kota Bandung terhadap Program Penyiaran Dakwah Cahaya Qalbu di Radio Cakra 90.5 FM Bandung
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account