Universitas Islam Bandung Repository

Pengaruh Desain Komunikasi Visual Akun Instagram Bantu Dakwah terhadap Perilaku Beragama Pengikut

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Dakwah
dc.creator Hadi, Susilo Suryo
dc.creator Ma'arif, Bambang Saiful
dc.creator Kamil, Parihat
dc.date 2021-01-22
dc.date.accessioned 2021-03-15T03:21:10Z
dc.date.available 2021-03-15T03:21:10Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/dakwah/article/view/26083
dc.identifier 10.29313/pkpi.v7i1.26083
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/28139
dc.description Abstract. In today's digital era, visual communication design plays an important role in human life, especially in the field of digital da'wah conveyed through Instagram social media. Based on data released by Napoleon Cat, in the January-May 2020 period, Instagram social media users in Indonesia reached 69.2 million active users. One of the accounts on Instagram social media is called Bantu Dakwah which is an account containing dakwah content / activities using the concept of visual communication design. The forms of visual messages in this account also have the power of persuasion which can influence the religious behavior of their followers. The form of the visual message will be a determining factor in the success of persuasion efforts. This study aims to measure the magnitude of the influence of visual communication design on followers' religious behavior. The research method used is quantitative methods and the type of statistical method used is parametric statistics with a Likert scale. The findings in this study are the value of the influence of the independent variable (X) on the dependent variable (Y) of 32.7% which is generated through the coefficient of determination test. The form of one-sided-two-sided visual messages can affect the perceptual aspect, the form of emotional visual messages can affect the feeling aspect and the rational visual message form can affect the thoughts of followers of Bantu Da'wah based on the mean value of each visual message form questionnaire.Keywords: Visual Communication Design, Message Form, Religious Behavior.Abstrak. Pada era digital sekarang ini, desain komunikasi visual memegang peranan penting dalam kehidupan manusia, khususnya dalam bidang dakwah digital yang disampaikan melalui media sosial Instagram. Berdasarkan data yang dirilis Napoleon Cat, pada periode Januari-Mei 2020, pengguna media sosial Instagram di Indonesia mencapai angka 69,2 juta pengguna aktif. Salah satu akun di media sosial Instagram bernama Bantu Dakwah yang merupakan akun berisi konten/kegiatan dakwah dengan menggunakan konsep desain komunikasi visual. Bentuk-bentuk pesan visual dalam akun tersebut pun memiliki daya persuasi yang bisa mempengaruhi perilaku beragama pengikutnya. Bentuk pesan visual akan menjadi faktor penentu dalam keberhasilan upaya persuasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur besaran pengaruh desain komunikasi visual terhadap perilaku beragama pengikutnya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dan jenis metode statistik yang digunakan adalah statistik parametrik dengan skala likert. Temuan dalam penelitian ini berupa nilai besaran pengaruh variabel independen (X) terhadap variabel dependen (Y) sebesar 32,7% yang dihasilkan melalui uji koefesiensi determinasi. Bentuk pesan visual satu sisi-dua sisi dapat mempengaruhi aspek persepsi, bentuk pesan visual emosional dapat mempengaruhi aspek perasaan serta bentuk pesan visual rasional dapat mempengaruhi aspek pikiran pengikut Bantu Dakwah berdasarkan hasil nilai mean dari masing-masing kuisioner bentuk pesan visual.Kata kunci: Desain Komunikasi Visual, Bentuk Pesan, Perilaku Beragama. 
dc.language id
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.rights Copyright (c) 2021 Prosiding Komunikasi Penyiaran Islam
dc.source Prosiding Komunikasi Penyiaran Islam; Vol 7, No 1, Komunikasi Penyiaran Islam (Februari, 2021); 17-21
dc.source Prosiding Komunikasi Penyiaran Islam; Vol 7, No 1, Komunikasi Penyiaran Islam (Februari, 2021); 17-21
dc.source 2460-6405
dc.source 10.29313/.v7i1
dc.subject Komunikasi dan Penyiaran Islam
dc.subject Desain Komunikasi Visual, Bentuk Pesan, Perilaku Beragama.
dc.title Pengaruh Desain Komunikasi Visual Akun Instagram Bantu Dakwah terhadap Perilaku Beragama Pengikut
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kuantitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account