Universitas Islam Bandung Repository

PENGARUH JENIS MINYAK TERHADAP NILAI FAKTOR PELINDUNG SURYA (FPS) SEDIAAN EMULGEL TABIR SURYA MENGANDUNG EKSTRAK ETANOL KULIT BATANG KAYU MANIS (Cinnamomum burmanni Nees ex Bl.)

Show simple item record

dc.contributor
dc.creator Gustiani, Dian
dc.creator Priani, Sani Ega
dc.creator Darusman, Fitrianti
dc.date 2015-08-13
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/farmasi/article/view/2105
dc.description Sinar matahari menghasilkan radiasi UV yang apabila kulit terpapar dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan efek sunburn dan kanker kulit. Salah satu cara untuk melindungi kulit dari radiasi sinar UV yaitu dengan penggunaan sediaan tabir surya. Kulit batang kayu manis (KBKM) diketahui memiliki aktivitas sebagai antioksidan dan memiliki senyawa yang berpotensi digunakan sebagai tabir surya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jenis minyak terhadap nilai faktor pelindung surya (FPS) sediaan emulgel tabir surya mengandung ekstrak KBKM. Ekstraksi kulit batang kayu manis dilakukan dengan cara maserasi menggunakan pelarut etanol 96 %. Ekstrak KBKM diformulasikan dalam sediaan emulgel dengan variasi jenis minyak (minyak zaitun, virgin coconut oil dan parafin liquidum). Penentuan nilai FPS basis dan sediaan dilakukan dengan metode Mansur secara in vitro menggunakan spektrofotometer UV-Vis. Sediaan emulgel KBKM dilakukan evaluasi sifat fisik berdasarkan organoleptis, homogenitas, pH, sentrifugasi, daya sebar, viskositas dan rheologi. Hasil penelitian menunjukkan ekstrak KBKM dapat diformulasi menjadi sediaan emulgel dengan menggunakan ketiga jenis minyak yang berbeda. Basis dan sediaan emulgel dengan menggunakan minyak zaitun sebagai fasa minyak memiliki nilai FPS tertinggi dibandingkan dengan sediaan yang mengandung fasa minyak virgin coconut oil (VCO) dan parafin liquidum (P<0,05).
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/farmasi/article/view/2105/pdf
dc.source Prosiding Farmasi; Vol 1, No 2, Prosiding Farmasi (Agustus, 2015); 574-582
dc.source Prosiding Farmasi; Vol 1, No 2, Prosiding Farmasi (Agustus, 2015); 574-582
dc.source 2460-6472
dc.subject Farmasetika
dc.subject kata kunci
dc.title PENGARUH JENIS MINYAK TERHADAP NILAI FAKTOR PELINDUNG SURYA (FPS) SEDIAAN EMULGEL TABIR SURYA MENGANDUNG EKSTRAK ETANOL KULIT BATANG KAYU MANIS (Cinnamomum burmanni Nees ex Bl.)
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type eksperimen laboratorium


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account