Universitas Islam Bandung Repository

Meningkatkan Kemampuan Mengenal Pola Abcd- Abcd Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Tutup Botol Bergambar Di Tk Kenanga

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
dc.creator Maryati, Siti Wulan
dc.creator Marhun, Masnipal
dc.creator Afrianti, Nurul
dc.date 2020-07-26
dc.date.accessioned 2021-03-15T03:23:22Z
dc.date.available 2021-03-15T03:23:22Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/paud/article/view/22224
dc.identifier 10.29313/.v0i0.22224
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/28155
dc.description Abstract. This study aims to improve the ability to recognize ABCD patterns of children aged 5-6 years through the pictorial bottle cap media in Kenanga Kindergarten. Recognizing ABCD patterns is one indicator that must be achieved by children aged 5-6. Included in the cognitive aspects, logical thinking. Recognition of repetitive patterns in children is intended so that children are able to predict events, events, and other important things in their lives well. For example: children can estimate time patterns in one day. The method used in this research is classroom action research with quantitative descriptive analysis. Data collection tool using observation sheets. The assessment criteria are BB (not yet developed), MB (starting to develop), and BSH (developing as expected). The research subjects are students aged 5-6 years in Kenanga Kindergarten. The number of students is 16 children, 6 boys and 10 girls. The results of research before the action, the ability to recognize patterns of ABCD children who develop according to expectations is still very little. The implementation of the corrective actions taken, the steps are as follows: 1) Children take turns going forward to imitate and compile ABCD patterns that have been compiled by the teacher on the table using a picture bottle cap, 2) Children estimate the next sequence of ABCD patterns that have been made teacher, 3) Children make their own ABCD patterns. The results showed that the ability of children in developing ABCD patterns increased after being applied using pictorial bottle cap media. Keywords: Recognizing the ABCD Pattern, Media, Early Childhood Abstract. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal pola ABCD anak usia 5-6 tahun melalui media tutup botol bergambar di TK Kenanga. Mengenal pola ABCD merupakan salah satu indikator yang harus dicapai anak usia 5-6. Termasuk dalam aspek kognitif, berpikir logis. Pengenalan pola berulang pada anak dimaksudkan agar anak mampu memperkirakan kejadian, peristiwa, maupun hal-hal pentingnya lain di kehidupannya dengan baik. Contohnya: anak dapat memperkirakan pola waktu dalam satu hari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan analisis deskriptif kuantitatif. Alat pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi. Adapun kriteria penilaian berupa BB (Belum Berkembang), MB (Mulai Berkembang), dan BSH (Berkembang Sesuai Harapan). Adapun subjek penelitiannya adalah siswa usia 5-6 tahun di TK Kenanga. Jumlah siswa 16 anak, 6 anak laki-laki, dan 10 anak perempuan. Hasil penelitian sebelum tindakan, dalam kemampuan mengenal pola ABCD anak yang berkembang sesuai harapan masih sangat sedikit. Adapun  pelaksanaan tindakan perbaikan yang dilakukan, langkahlangkahnya adalah sebagai berikut: 1) Anak bergiliran ke depan untuk meniru dan menyusun pola ABCD yang telah disusun guru di atas meja menggunakan tutup botol bergambar, 2) Anak memperkirakan urutan selanjutnya dari pola ABCD yang sudah dibuat guru, 3) Anak membuat pola ABCD sendiri. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa kemampuan anak dalam menyusun pola ABCD meningkat setelah diterapkan menggunakan media tutup botol bergambar.  Kata Kunci: Mengenal Pola ABCD, Media, Anak Usia Dini.
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/paud/article/view/22224/pdf
dc.rights Copyright (c) 2020 Prosiding Pendidikan Guru PAUD
dc.source Prosiding Pendidikan Guru PAUD; Vol 6, No 1, Pendidikan Guru PAUD (Februari, 2020); 132-137
dc.source Prosiding Pendidikan Guru PAUD; Vol 6, No 1, Pendidikan Guru PAUD (Februari, 2020); 132-137
dc.source 2460-6421
dc.source 10.29313/.v0i0
dc.subject Pendidikan Guru Paud
dc.subject Mengenal Pola ABCD, Media, Anak Usia Dini
dc.title Meningkatkan Kemampuan Mengenal Pola Abcd- Abcd Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Tutup Botol Bergambar Di Tk Kenanga
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - PG PAUD [106]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account