Universitas Islam Bandung Repository

Penanaman Nilai-Nilai Sopan Santun Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Metode Cerita di TK Bandung

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
dc.creator Oktaviani, Susanti
dc.creator Suhardini, Asep Dudi
dc.creator Hakim, Arif
dc.date 2020-08-25
dc.date.accessioned 2021-03-15T03:23:23Z
dc.date.available 2021-03-15T03:23:23Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/paud/article/view/23991
dc.identifier 10.29313/.v6i2.23991
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/28157
dc.description Abstrack. This research is motivated by the lack of inculcation of the values of child courtesy which is reflected in the way children behave while carrying out learning activities at school. So far, there are still many adults who do not realize that the actual behavior of children when they are around them does small things which are aimed at bad behavior. Little things like not saying sorry, asking for help, even excuse me, have become important points for early childhood to be trained in their polite personality. Embedding the value of courtesy for children's learning is still low and the learning model used so far has not been able to improve the development of the values of courtesy of students. This study aims to strive to instill the values of manners for children aged 4-5 years through the story method in one of the kindergartens Bandung so that it can improve the polite and polite behavior of students. This research is a type of classroom action research (Classroom Action Research) which is collaborative. The data collection technique used was observation so that the instruments in this study were observation sheets, documentation and data analysis used were descriptive quantitative. The research subjects were 12 children aged 4-5 years, consisting of 5 boys and 7 girls. In the results of the initial or pre-cycle conditions of planting the values of child courtesy of 38.53% after the first cycle of research was carried out, increasing to 5 (58.32%) children, because they had not met the indicators of success, it was continued in cycle II. After taking action in cycle II, it increased to 12 (89.23%) children who were able to instill the values of courtesy by getting the results to develop as expected. Based on the results of this study, it can be concluded that the application of the values of child courtesy through the story method can improve the polite and polite behavior of children aged 4-5 years at one of the kindergartens Bandung.Keywords: Manners, Story Method.Abstrak. Penelitian ini dilatar belakangi oleh minimnya penanaman nilai-nilai sopan santun anak yang terefleksikan dari cara berperilaku anak saat melakukan kegiatan pembelajaran di sekolah. Selama ini, masih banyak orang dewasa yang tidak menyadari bahwa sesungguhnya perilaku anak saat berada didekat mereka melakukan hal-hal kecil yang tertuju pada perilaku kurang baik. Hal kecil seperti tidak mengucapkan maaf, meminta tolong, bahkan permisi, sudah menjadi poin penting bagi anak usia dini untuk dilatih dalam kepribadian sopan santunnya. Menanamkan nilai sopan santun untuk pembelajaran anak juga masih rendah dan model pembelajaran yang digunakan selama ini belum mampu meningkatkan perkembangan nilai-nilai sopan santun peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengupayakan penanaman nilai-nilai sopan santun anak usia 4-5 tahun melalui metode cerita di salah satu TK Bandung sehingga dapat meningkatkan perilaku sopan dan santun peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang bentuknya kolaboratif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi sehingga instrumen dalam penelitian ini berupa lembar observasi, dokumentasi dan analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ialah anak usia 4-5 tahun sebanyak 12 orang peserta didik yang terdiri dari 5 orang anak laki-laki, dan 7 orang anak perempuan. Pada hasil kondisi awal atau pra siklus penanaman nilai-nilai sopan santun anak sejumlah 38,53% setelah dilakukan penelitian siklus I, meningkat menjadi 5 (58,32%) anak, karena belum memenuhi indokator keberhasilah maka dilanjutkan pada siklus II. Setelah dilakukan tindakan pada siklus II meningkat menjadi 12 (89,23%) anak yang mampu menanamkan nilai-nilai sopan santun dengan mendapat hasil berkembang sesuai harapan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan penanaman nilai-nilai sopan santun anak melalui metode cerita dapat meningkatkan perilaku sopan dan santun anak usia 4-5 tahun di salah satu TK Bandung.Kata Kunci: Sopan Santun, Metode Cerita
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/paud/article/view/23991/pdf
dc.rights Copyright (c) 2020 Prosiding Pendidikan Guru PAUD
dc.source Prosiding Pendidikan Guru PAUD; Vol 6, No 2, Pendidikan Guru PAUD (Agustus, 2020); 207-212
dc.source Prosiding Pendidikan Guru PAUD; Vol 6, No 2, Pendidikan Guru PAUD (Agustus, 2020); 207-212
dc.source 2460-6421
dc.source 10.29313/.v6i2
dc.subject Pendidikan Guru PAUD
dc.subject Sopan Santun, Metode Cerita
dc.title Penanaman Nilai-Nilai Sopan Santun Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Metode Cerita di TK Bandung
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - PG PAUD [106]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account