Universitas Islam Bandung Repository

Analisis Terhadap Proses Pembiasaan Disiplin Pada Anak Usia Dini Melalui Perilaku Budaya Sekolah

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
dc.creator Saputri, Fauziyyah Zulfa
dc.creator Rahminawati, Nan
dc.creator Suhardini, Asep Dudi
dc.date 2020-08-25
dc.date.accessioned 2021-03-15T03:23:25Z
dc.date.available 2021-03-15T03:23:25Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/paud/article/view/23847
dc.identifier 10.29313/.v6i2.23847
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/28161
dc.description Abstract. The purpose of this study was to obtain an overview of the Analysis of the Discipline Habitual Process in Early Childhood through School Cultural Behavior which includes planning, implementation, and evaluation of disciplinary habituation. The research method used is to use a qualitative descriptive analysis method to describe and explain the results of the analysis of the disciplinary habituation process in early childhood through school cultural behavior, so that this research will be described as the results of interviews and the results of observations of researchers in the field as is. The data collection techniques used in this study were interviews, observation, and documentation study. The results of the study illustrate that the process of disciplinary habituation in early childhood through school cultural behavior related to planning, implementation, and evaluation has referred to the Indonesian Republic's cultural and education regulations 137 concerning national standards for early childhood education and 146 early childhood education curriculum 2013. Discipline habituation program planning through school culture includes standard operating procedures (SOP), weekly learning implementation plans (RPPM), daily learning implementation plans (RPPH). The implementation of disciplinary habituation through school culture is carried out every day using daily learning plans that have been made by the school and learning SOPs, and teachers and parents will cooperate in the implementation of this disciplinary habituation to be taught at home. Evaluation of disciplinary habituation assessment through school crocodiles, namely using regular assessments, namely daily, weekly, monthly, quarterly and six-month assessments. Evaluations will be reported to the parents of students once a month to explain the school program, the strengths and weaknesses of the child.Keywords: disciplinary habituation, school cultural behavior.Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang Analisis Terhadap Proses Pembiasaan Disiplin Pada Anak Usia Dini Melalui Perilaku Budaya Sekolah yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembiasaan disiplin. Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan metode kualitatif deskriptif analisis untuk menggambarkan dan menjelaskan hasil analisis terhadap proses pembiasaan disiplin pada anak usia dini melalui perilaku budaya sekolah, sehingga penelitian ini akan di deskripsikan sebagaimana hasil wawancara dan hasil pengamatan peneliti pada lapangan dengan apa adanya. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menggambarkan bahwa proses pembiasaan disiplin pada anak usia dini melalui perilaku budaya sekolah terkait perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi telah mengacu pada peraturan pendidikan dan kebudayaan republik Indonesia 137 tentang standar nasional pendidikan anak usia dini dan 146 kurikulum 2013 pendidikan anak usia dini. Perencanaan program pembiasaan disiplin melalui budaya sekolah meliputi standar operasional prosedur (SOP), rencana pelaksanaan pembelajaran mingguan (RPPM), rencana pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH). Pelaksanaan pembiasaan disiplin melalui budaya sekolah dilaksanakan setiap hari menggunakan perencanaan pembelajaran harian yang telah di buat sekolah serta SOP pembelajaran, dan guru dan orang tua akan berkerjasama dalam pelaksanaan pembiasaan disiplin ini untuk di ajarkan dirumah. Evaluasi penilaian pembiasaan disiplin melalui buaya sekolah yaitu menggunakan penilaian secara berkala yakni penilaian harian, mingguan, bulanan, pertiga bulan dan per enam bulan. Evaluasi akan di laporkan kepada orang tua murid satu bulan sekali untuk menjelaskan program sekolah, kelebihan dan kekurangan anak.Kata Kunci: c
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/paud/article/view/23847/pdf
dc.rights Copyright (c) 2020 Prosiding Pendidikan Guru PAUD
dc.source Prosiding Pendidikan Guru PAUD; Vol 6, No 2, Pendidikan Guru PAUD (Agustus, 2020); 185-189
dc.source Prosiding Pendidikan Guru PAUD; Vol 6, No 2, Pendidikan Guru PAUD (Agustus, 2020); 185-189
dc.source 2460-6421
dc.source 10.29313/.v6i2
dc.subject Pendidikan Guru PAUD
dc.subject Pembiasaan disiplin, Perilaku budaya sekolah.
dc.title Analisis Terhadap Proses Pembiasaan Disiplin Pada Anak Usia Dini Melalui Perilaku Budaya Sekolah
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - PG PAUD [106]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account