Universitas Islam Bandung Repository

Implementasi Pembelajaran Montessori untuk Perkembangan Kemandirian Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Covid-19 di TK Bandung

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
dc.creator Noormala, Yarasifa
dc.creator Mahrun, Masnipal
dc.creator Hakim, Arif
dc.date 2021-01-19
dc.date.accessioned 2021-03-15T03:23:37Z
dc.date.available 2021-03-15T03:23:37Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/paud/article/view/25207
dc.identifier 10.29313/.v7i1.25207
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/28167
dc.description Abstract.The purpose of this study was to obtain an overview of the development of early childhood independence in kindergarten Bandung using Montessori learning. The specific objectives are to describe and find out the planning of Montessori learning, implementation of Montessori and Montessori assessment in TK Bandung. The method used in this research is a qualitative research method with a descriptive method, namely to obtain an overview of the development of early childhood independence through Montessori learning during the Covid-19 pandemic so that the researchers studied will be described as the results of observations and interviews. The subjects in this study were students in one class at TK Bandung. Then the data collection technique used interviews with school principals and teachers. The results of the study illustrate that the development of early childhood independence during the Covid-19 pandemic in Bandung Kindergarten shows that 1) children are independent when online learning activities take place; 2) children are independent during Montessori time activities through online learning; 3) children are able to wash their own hands without assistance from parents or adults; 4) children are able to wash dishes by themselves; 5) children are able to do toilet activities without assistance from parents or adults.Keywords : Independence, Montessori Learning, Early Childhood.Abstrak.Tujuan dalam penelitian ini untuk memperoleh gambaran tentang perkembangan kemandirian anak usia dini di TK Bandung dengan menggunakan pembelajaran Montessori. Adapun tujuan khusus untuk mendeskripsikan dan mengetahui perencanaan pembelajaran Montessori, pelaksanaan Montessori dan penilaian Montessori di TK Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yaitu untuk memperoleh gambaran tentang perkembangan kemandirian anak usia dini melalui pembelajaran Montessori pada masa pandemi covid-19 sehingga peneliti yang diteliti akan di deskripsikan sebagaimana hasil dari observasi dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa dalam satu kelas di TK Bandung. Kemudian teknik pengumpulan data menggunakan wawancara kepada kepala sekolah dan guru. Hasil penelitian menggambarkan bahwa perkembangan kemandirian anak usia dini pada masa pandemi covid-19 di TK Bandung menunjukan bahwa 1) anak mandiri ketika kegiatan pembelajaran online berlangsung; 2) anak mandiri ketika kegiatan Montessori time melalui pembelajaran online; 3) anak mampu mencuci tangan sendiri tanpa bantuan dari orang tua maupun orang dewasa; 4) anak mampu mencuci piring sendiri; 5) anak mampu melakukan kegiatan toilet tanpa bantuan dari orang tua maupun orang dewasa.Kata Kunci : Kemandirian, Pembelajaran Montessori, Anak Usia Dini.
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/paud/article/view/25207/pdf
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/paud/article/downloadSuppFile/25207/4816
dc.source Prosiding Pendidikan Guru PAUD; Vol 7, No 1, Pendidikan Guru Paud (Februari, 2021); 7-10
dc.source Prosiding Pendidikan Guru PAUD; Vol 7, No 1, Pendidikan Guru Paud (Februari, 2021); 7-10
dc.source 2460-6421
dc.source 10.29313/.v7i1
dc.subject Pendidikan Guru Paud
dc.subject Kemandirian, Pembelajaran Montessori, Anak Usia Dini.
dc.title Implementasi Pembelajaran Montessori untuk Perkembangan Kemandirian Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Covid-19 di TK Bandung
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - PG PAUD [106]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account