Universitas Islam Bandung Repository

Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Kontruksi 3 Dimensi Dari Barang Bekas Secara Daring di Pos Paud

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
dc.creator Komariah, Zahrotun
dc.creator Rachmah, Huriah
dc.creator Afrianti, Nurul
dc.date 2020-08-26
dc.date.accessioned 2021-03-15T03:23:49Z
dc.date.available 2021-03-15T03:23:49Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/paud/article/view/24426
dc.identifier 10.29313/.v6i2.24426
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/28171
dc.description Abstract. Seeing the fine motor skills of children aged 5-6 years at the PAUD post who have not been able to use stationery and cutlery properly, cut according to patterns, pasted pictures appropriately, so that children are less able to carry out daily skills such as buttoning clothes, tying shoelaces, pouring water and others. The research conducted was a case study qualitative research, the subjects of this study were 18 children in group B. Data collection techniques through interviews and observation of documents and children's work done online. The results showed an increase in the child's fine motor skills after the teacher gave coloring, cutting and pasting activities. This can be seen from the number of children who have developed very well in aspects of fine motor development. The teacher's implementation planning and assessment are already good, the use of used goods for activities already exists but is not yet diverse. The construction of 3-dimensional works is not much because there are not many ideas in making 3-dimensional works.Key words: fine motoric, coloring, cutting and pasting activities, used goods.Abstrak. Melihat adanya kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun di pos PAUD yang belum dapat menggunakan alat tulis dan alat makan dengan benar, menggunting sesuai dengan pola, menempel gambar dengan tepat, sehingga anak kurang mampu dalam melaksanakan keterampilan sehari-hari seperti mengancing baju, mengikat tali sepatu, menuang air dan lain-lain. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif studi kasus, subjek penelitian ini adalah anak-anak di kelompok B sebanyak 18 anak. teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi dokumen dan hasil karya anak yang dilakukan secara daring. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan motorik halus anak setelah guru memberikan kegiatan mewarnai menggunting dan menempel. Ini terlihat dari banyaknya anak yang memiliki nilai berkembang sangat baik pada aspek-aspek perkembangan motorik halus. Perencanaan pelaksaan dan penilaian yang guru lakukan sudah baik, penggunaan barang bekas untuk kegiatan sudah ada namun belum beragam. Kontruksi hasil karya 3 dimensi belum banyak karena belum banyaknya ide dalam membuat hasil karya kontruksi 3 dimensi.Kata kunci: motorik halus, kegiatan mewarnai menggunting dan menempel, barang bekas.
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/paud/article/view/24426/pdf
dc.rights Copyright (c) 2020 Prosiding Pendidikan Guru PAUD
dc.source Prosiding Pendidikan Guru PAUD; Vol 6, No 2, Pendidikan Guru PAUD (Agustus, 2020); 269-273
dc.source Prosiding Pendidikan Guru PAUD; Vol 6, No 2, Pendidikan Guru PAUD (Agustus, 2020); 269-273
dc.source 2460-6421
dc.source 10.29313/.v6i2
dc.subject Pendidikan Guru PAUD
dc.subject motorik halus, kegiatan mewarnai menggunting dan menempel, barang bekas.
dc.title Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Kontruksi 3 Dimensi Dari Barang Bekas Secara Daring di Pos Paud
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - PG PAUD [106]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account