Description:
Abstrac. Learning dance for early childhood requires a strategy that is right on the target. Therefore, the principal and educators need maximum effort in determining the strategy as a way to achieve maximum results. To determine the strategy, firstly planning, namely determining the learning material, then implementing the learning process, then the educator evaluates all learning activities. This research is motivated by the concern of researchers that at this time children are very minimal to move freely, children sit more still, while the gross motor development of children aged 4-5 years requires them to be able to run, jump on one leg. The purpose of this study was to determine the extent to which school principals and PAUD educators in Bandung Wetan District work together in improving gross motor skills in children aged 4-5 years. The method used is interviews, the type of research used is descriptive qualitative. The results of this study were gross motor skills in dance activities, children were able to show self-confidence, did not depend on their parents or teacher teachers when participating in dance activities.Keywords: Gross Motoric, DanceAbstrak. Pembelajaran tari untuk anak usia dini membutuhkan strategi yang tepat sasaran. Oleh karena itu, kepala sekolah dan pendidik membutuhkan upaya yang maksimal dalam menentukan strategi sebagai cara untuk mencapai hasil yang maksimal. Untuk menentukan strateginya terlebih dahulu perencanaan yaitu menentukan materi pembelajaran, kemudian melaksanakan proses pembelajaran, kemudian pendidik mengevaluasi semua kegiatan pembelajaran. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kepedulian peneliti bahwa pada saat ini anak masih sangat minim bergerak dengan leluasa, anak lebih banyak duduk diam, sedangkan perkembangan motorik kasar anak usia 4-5 tahun menuntut mereka untuk dapat berlari, melompat dengan satu kaki. . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kepala sekolah dan pendidik PAUD di Kabupaten Bandung Wetan bekerja sama dalam meningkatkan keterampilan motorik kasar pada anak usia 4-5 tahun. Metode yang digunakan adalah wawancara, jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah kemampuan motorik kasar dalam kegiatan menari, anak mampu menunjukkan rasa percaya diri, tidak bergantung pada orang tua atau guru guru saat mengikuti kegiatan tari.Kata kunci : Motorik Kasar, Tari