Universitas Islam Bandung Repository

Meningkatkan Kemampuan Membilang 1-10 Melalui Permainan Lempar Gelang Pada Anak Kelompok A di Kelompok Bermain Ceria Bandung

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
dc.creator Irawatie, Sarrie
dc.creator Enoh, Enoh
dc.date 2020-08-23
dc.date.accessioned 2021-03-15T03:24:02Z
dc.date.available 2021-03-15T03:24:02Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/paud/article/view/23039
dc.identifier 10.29313/.v6i2.23039
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/28180
dc.description Abstract. This research was based on the finding of the problem of group A children in the Playgroup Ceria Bandung, namely their low ability to count. This study aims to determine the increase in the ability to count 1-10 in group A children in Play Group Ceria Bandung through a game of throwing a bracelet. This research method is a classroom action research proposed by Kemmis and Taggart. The subjects of this study were 10 children of group A in the Play Group Ceria Bandung, consisting of 8 boys and 2 girls. Data collection techniques use observation, performance, and documentation. Descriptive statistics are used in this study as a data analysis technique. The results of the study showed that the children's numeracy skills could improve through the game of throwing the bracelet and experienced a significant increase in each cycle. This is evident from the data obtained from the results of observations before being given action for the category developing according to expectations (BSH) by 20%. After being given corrective action in cycle I, the success criteria for the ability to count children in the BSH category were 30%. in cycle II it was 50%, in cycle III it was 60%, in cycle IV it was 70%, and in cycle V it was 80%. Increasing the ability to say cannot be separated from strategic treatment, namely: (1) Media; (2) Classroom management; (3) Time of activity; (4) Interaction format; and (5) The steps in the game of throwing the bracelet are arranged in such a way. The implication of the results of research action is used as an alternative for play group teachers in improving children's ability to count.Keywords: Ability, counting, game throwing a braceletAbstrak. Penelitian ini di latarbelakangi atas ditemuinya permasalahan  anak kelompok A di Kelompok Bermain Ceria Bandung yaitu masih rendahnya kemampuan membilang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan kemampuan membilang 1-10 pada anak kelompok A di Kober Ceria Bandung melalui permainan lempar gelang. Metode penelitian ini merupakan  penelitian tindakan kelas  yang dikemukakan oleh Kemmis dan Taggart. Penelitian ini subjeknya berjumlah 10 anak kelompok A Kober Ceria Bandung yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 2 anak perempuan. Teknik pengumpulan data memakai  observasi, unjuk kerja, dan dokumentasi.  Statistik deskriptif dipakai pada penelitian ini sebagai teknik analisis datanya. Hasil dari penelitian memperlihatkan bahwa kemampuan membilang anak dapat meningkat lewat permainan lempar gelang dan mengalami peningkatan yang signifikan pada setiap siklusnya. Hal ini terbukti dari data yang diperoleh dari hasil pengamatan sebelum diberi tindakan untuk kategori berkembang sesuai harapan (BSH) sebesar 20%. Sesudah diberi tindakan perbaikan pada siklus I menunjukkan kriteria keberhasilan kemampuan membilang anak untuk kategori BSH sejumlah 30%. pada siklus II sejumlah 50%, pada siklus III sejumlah 60%, pada siklus IV sebesar 70%, dan pada siklus V menjadi sejumlah 80%. Peningkatan kemampuan membilang tidak lepas dari perlakuan strategis, yaitu: (1) Media; (2) Pengelolaan  kelas; (3) Waktu kegiatan; (4) Format interaksi; dan (5) Langkah-langkah permainan lempar gelang yang diatur sedemikian rupa. Implikasi hasil tindakan penelitian digunakan menjadi salah satu alternatif bagi guru Kober dalam meningkatkan kemampuan membilang anak.Kata kunci: Kemampuan, membilang, permainan lempar gelang
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/paud/article/view/23039/pdf
dc.rights Copyright (c) 2020 Prosiding Pendidikan Guru PAUD
dc.source Prosiding Pendidikan Guru PAUD; Vol 6, No 2, Pendidikan Guru PAUD (Agustus, 2020); 181-184
dc.source Prosiding Pendidikan Guru PAUD; Vol 6, No 2, Pendidikan Guru PAUD (Agustus, 2020); 181-184
dc.source 2460-6421
dc.source 10.29313/.v6i2
dc.subject Pendidikan Guru PAUD
dc.subject Kemampuan, membilang, permainan lempar gelang
dc.title Meningkatkan Kemampuan Membilang 1-10 Melalui Permainan Lempar Gelang Pada Anak Kelompok A di Kelompok Bermain Ceria Bandung
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - PG PAUD [106]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account