Universitas Islam Bandung Repository

Analisis Pengelolaan Pembelajaran Dalam Pengembangan Nilai Agama dan Moral Pada Anak Usia Dini Kelompok B di Raudhatul Athfal

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
dc.creator Hermawati, Yuli
dc.creator Rahminawati, Nan
dc.creator Saepudin, Aep
dc.date 2020-08-25
dc.date.accessioned 2021-03-15T03:24:13Z
dc.date.available 2021-03-15T03:24:13Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/paud/article/view/23953
dc.identifier 10.29313/.v6i2.23953
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/28183
dc.description Abstract. Religious and moral values are one of the aspects of early childhood development that must be developed. The PAUD institution seeks to stimulate all aspects of development. Religious and moral values for early childhood are something abstract so that school institutions must pay attention to how to manage learning, so that learning can run as expected. Learning management is an activity both by school institutions and teachers to carry out a lesson planning, implementation of learning, and learning evaluation. The purpose of this research is to find out how the description of learning management carried out by the Raudhatul Athfal institution starts from the planning and implementation of learning in the development of religious and moral values in early childhood group B in Raudhatul Athfal. The subjects studied were the principal Raudhatul Athfal and Group B teachers. The data collection techniques used were observation, interviews, and documentation. The research under study is a qualitative descriptive study. The results showed that the teacher in managing learning in the development of religious and moral values in early childhood group B in Raudhatul Athfal had been done well in accordance with management steps, namely planning, implementing and evaluating. At the planning stage, the teacher creates a learning program, determines the appropriate materials, media and methods in developing religious and moral values. The implementation stage of learning is carried out with routine activities but still programmed, integrated activities / linking other developmental aspects and special activities carried out on Fridays. The teacher evaluation stage conducts an assessment using several assessment techniques that have been established by the school, then reports the child's development both orally and in writing.Keywords: Management, Learning, Development, Religious Values, Morals, Early Childhood Abstrak. Nilai agama dan moral merupakan salah satu aspek perkembangan anak usia dini yang harus dikembangkan.  Lembaga PAUD berupaya untuk menstimulasi seluruh aspek perkembangan. Nilai agama dan moral bagi anak usia dini merupakan sesuatu yang abstrak sehingga lembaga sekolah harus memerhatikan bagaimana mengelola pembelajaran, agar pembelajaran dapat berjalan sesuai harapan. Pengelolaan pembelajaran merupakan kegiatan baik oleh lembaga sekolah maupun guru untuk melakukan suatu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana gambaran pengelolaan pembelajaran yang dilakukan oleh lembaga Raudhatul Athfal dimulai dari perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran dalam pengembangan nilai agama  moral pada anak usia dini kelompok B di Raudhatul Athfal. Subjek yang diteliti yaitu kepala sekolah Raudhatul Athfal dan Guru Kelompok B. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian yang diteliti merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru dalam melakukan pengelolaan pembelajaran dalam pengembangan nilai agama serta moral pada anak usia dini kelompok B di Raudhatul Athfal sudah di lakukan dengan baik sesuai dengan langkah-langkah pengelolaan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Pada tahap perencanaan yaitu guru membuat program pembelajaran, menentukan materi, media dan metode yang sesuai dalam pengembangan nilai agama dan moral. Tahap pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan kegiatan rutinitas namun tetap terpogram, kegiatan terintegrasi / mengaitkan aspek perkembangan lainnya dan kegiatan khusus yang dilaksanakan pada hari Jum’at. Tahap evaluasi guru melakukan penilaian menggunakan beberapa teknik penilaian yang telah ditetapkan oleh sekolah, kemudian melakukan pelaporan perkembangan anak baik secara lisan maupun tulisan.Kata Kunci: Pengelolaan, Pembelajaran, Pengembangan, Nilai Agama, Moral, Anak Usia Dini
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/paud/article/view/23953/pdf
dc.rights Copyright (c) 2020 Prosiding Pendidikan Guru PAUD
dc.source Prosiding Pendidikan Guru PAUD; Vol 6, No 2, Pendidikan Guru PAUD (Agustus, 2020); 204-206
dc.source Prosiding Pendidikan Guru PAUD; Vol 6, No 2, Pendidikan Guru PAUD (Agustus, 2020); 204-206
dc.source 2460-6421
dc.source 10.29313/.v6i2
dc.subject Pendidikan Guru PAUD
dc.subject Pengelolaan, Pembelajaran, Pengembangan, Nilai Agama, Moral, Anak Usia Dini
dc.title Analisis Pengelolaan Pembelajaran Dalam Pengembangan Nilai Agama dan Moral Pada Anak Usia Dini Kelompok B di Raudhatul Athfal
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - PG PAUD [106]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account