Universitas Islam Bandung Repository

Implementasi Metode Talaqqi terhadap Pembelajaran Tahfizh Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Al-Qur’an Al-Amanah

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
dc.creator Firdaus, Lulu Nurul
dc.creator Hayati, Fitroh
dc.creator Rasyid, Mujahid
dc.date 2020-08-25
dc.date.accessioned 2021-03-15T03:30:57Z
dc.date.available 2021-03-15T03:30:57Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/view/24267
dc.identifier 10.29313/.v6i2.24267
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/28202
dc.description Abstract. Al-Qur'an is the holy book of Moslem. There are lots of eminence for those who recitate it. Talaqqi method becomes one of the most appropriate method to recitate Al-Qur'an. The purpose of this research is to determine outcomes and factors that encourage the implementation of Talaqqi method for Tahfizh Al-Qur'an Learning. The research was located in Al-Amanah Full Day High School, focused on Akhwat Learning Division. The research approach is quantitative descriptive. Research data source is primary and secondary data, and the technique of collecting data are using observation, interview, and quesionnaire. The following of analysis data techniques are validity test, reability test, Likert scale that counted using Acceptable Response Rate (ARR). The result showed that Talaqqi Method Implementation are in a good category for the learning process. Overall, total estimation score was 3044, with mean score 4,0, and average score of ARR 80,1%, and it has been categorized in a good level.Keyword: Tahfzh Al-Qur'an Learning, Talaqqi MethodAbstrak. Al-Qur’an merupakan kitab suci umat Islam, terdapat banyak sekali keutamaan terutama bagi yang menghafalkannya. Metode talaqqi adalah salah satu metode yang paling tepat terutama dalam menghafal Al-Qur’an.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ketercapaian serta faktor-faktor apa saja yang mendukung  Implementasi Metode Talaqqi terhadap Pembelajaran Tahfizh Al-Qur’an. Penelitian ini dilakukan di salah satu Madrasah Aliyah khususnya di bagian akhwat. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Sumber data berasal dari data primer dan sekunder kemudian teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan penyebaran kuesioner/angket. Teknik analisis data yaitu uji validitas, reabilitas, skala likert dan kemudian dihitung menggunakan rumus tingkat capaian responden (TCR). Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode talaqqi terhadap pembelajaran tahfizh Al-Qur’an memiliki kategori yang baik dalam pelaksanaan pembelajaran. Berdasarkan hasil perhitungan secara keseluruhan maka jumlah skor adalah 3044, dengan mean 4,0, dan rata-rata TCR 80,1% yang jika dikategorikan maka kategori tersebut adalah baik.Kata kunci: Pembelajaran tahfizh Al-Qur’an, metode talaqqi
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/view/24267/pdf
dc.rights Copyright (c) 2020 Prosiding Pendidikan Agama Islam
dc.source Prosiding Pendidikan Agama Islam; Vol 6, No 2, Pendidikan Agama Islam (Agustus, 2020); 260-263
dc.source Prosiding Pendidikan Agama Islam; Vol 6, No 2, Pendidikan Agama Islam (Agustus, 2020); 260-263
dc.source 2460-6413
dc.source 10.29313/.v6i2
dc.subject Pendidikan Agama Islam
dc.subject Pembelajaran tahfizh Al-Qur’an, metode talaqqi
dc.title Implementasi Metode Talaqqi terhadap Pembelajaran Tahfizh Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Al-Qur’an Al-Amanah
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account