Universitas Islam Bandung Repository

Pengaruh Implementasi Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di SMA Terpadu Baiturrahman Ciparay

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
dc.creator Nazhifan, Muhammad Aulia
dc.creator Alhamuddin, Alhamuddin
dc.creator Hakim, Arif
dc.date 2021-01-22
dc.date.accessioned 2021-03-15T03:31:09Z
dc.date.available 2021-03-15T03:31:09Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/view/26034
dc.identifier 10.29313/.v7i1.26034
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/28207
dc.description Abstract. Critical thinking is a person's ability to understand, apply, analyze and evaluate information obtained or produced by himself. The background of this study is to determine the extent to which the development of educators in providing learning that fosters critical thinking skills in grade 10 children. used for teaching and what factors influence the method. In this study the authors used a quantitative approach with experimental methods. Data collection techniques with tests, observation and documentation. While the data management uses product moments, Data descriptive test and hypothesis testing. Based on the results of the study, the effect of implementing problem based learning in improving students' abilities is low. The factors that cause are 1) lack of media during learning. 2) the scope does not support the development of critical thinking skills. 3) poor academic performance Keywords: Influence, Implementation, Critical thinkingAbstrak­. Berpikir kritis merupakan kemampuan seseorang agar dapat memahami, menerapkan sesuatu, menganalisis dan mengevaluasi informasi yang diperoleh ataupun yang dihasilkan sendiri. Latar belakang dari penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana perkembangan pendidik memberikan pembelajaran yang menumbuhkan kemampuan berpikir kritis pada anak kelas 10. Yang menjadi masalah pada penelitian ini apakah adanya pengaruh implementasi problem based learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di SMA Terpadu Baiturrahman, metode apa yang digunakan untuk mengajar dan faktor apa yang mempengaruhi dari metode tersebut. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Teknik pengumpulan data dengan tes, observasi dan dokumentasi. Sedangkan pengelolaan data nya menggunakan produk moment, Uji deskriptif data dan Uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pengaruh dari implementasi problem based learning dalam mningkatkan kemampuan siswa adalah rendah. Faktor yang menyebabkan adalah 1) kurangnya media pada saat pembelajaran. 2) ruang lingkup tidak mendukung untuk berkembangnya kemampuan berpikir kritis. 3) performa akademis yang kurang.Kata Kunci : Pengaruh, Implementasi, Berpikir kritis
dc.language id
dc.publisher Universitas islam Bandung
dc.rights Copyright (c) 2021 Prosiding Pendidikan Agama Islam
dc.source Prosiding Pendidikan Agama Islam; Vol 7, No 1, Pendidikan Agama Islam (Februari, 2021); 18-21
dc.source Prosiding Pendidikan Agama Islam; Vol 7, No 1, Pendidikan Agama Islam (Februari, 2021); 18-21
dc.source 2460-6413
dc.source 10.29313/.v7i1
dc.subject Pendidikan Agama Islam
dc.subject Pengaruh, Implementasi, Berpikir kritis
dc.title Pengaruh Implementasi Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di SMA Terpadu Baiturrahman Ciparay
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kuantitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account