Universitas Islam Bandung Repository

Pengaruh Media Pembelajaran Time Line Chart terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas IV di MI Bojong

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
dc.creator Nurlatifah, Ai
dc.creator Sobarna, Ayi
dc.creator Afrianti, Nurul
dc.date 2020-08-23
dc.date.accessioned 2021-03-15T03:31:09Z
dc.date.available 2021-03-15T03:31:09Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/view/23000
dc.identifier 10.29313/.v6i2.23000
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/28208
dc.description Abstract. This study aims to determine whether there is an influence of time line chart learning media on student learning outcomes in the subjects of fourth grade  history of Islamic culture   at Bojong Islamic Elementery School. The research method used pre-experimental design type one group pretest postest design. The sampling technique are using non-probability sampling type saturated sampling. It is the sampling technique by taking all members of the population as a sample because the population is relatively small, less than 30 people. This design involves one group by comparing the average value between two groups of samples that are related / paired, the value of pretest learning outcomes as a preliminary test and the posttest learning outcomes as a second test, the test taken after students treated using the time line chart learning media. The research instrument that was being used was a test of learning outcomes in the form of multiple choice.            Research shows that (1) Students learning result before using the time line chart medium gained a average value 39,18 showing students grade are not good because the students grade are extremely low,  whereas the median value is 43,74 and the value of modus is 47,66. (2) The time line chart medium operation is coducted three times the meeting according too the research plain, which refer s to the step theory of learning using the time line chart medium. (3) Students learning results after using a time line chart medium of learning gaied an average cognitive value of students grades already increasing from before with good criteria, whereas the median value is 78,3 and the value of modus is 73,5. (4) There is an influence of time line chart learning  medium on students study by using the t test. As for a major test impact on the treatment of time line chat learning medium on students learning results  is a 0,95 mark with a treatment effect presentation of 90% of the category of large effects.Keywords: Time Line Chart, The study results. Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh media pembelajaran time line chart terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam kelas IV di MI Bojong. Meode penelitian yang digunakan adalah pre eksperimental design type one group pretest postest design. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probebility sampling type sampling jenuh yaitu teknik penentuan sampel dengan mengambil semua anggota populasi sebagai sampel dikarenakan jumlah populasi relatif kecil yaitu kurang dari 30 orang. Dalam rancangan ini melibatkan satu kelompok dengan membandingkan rata-rata nilai antara dua kelompok sampel yang berkaitan/ berpasangan yaitu  nilai hasil belajar pretest sebagai tes awal dan nilai hasil belajar postest sebagai tes kedua setelah siswa diberikan perlakuan dengan menggunaka media pembelajaran time line chart.  Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar dengan bentuk pilihan ganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil belajar siswa sebelum menggunakan media pembelajaran time line chart diperoleh nilai rata-rata kognitif siswa ialah 39,8 menunjukkan nilai siswa belum baik karena nilai siswa sangat rendah sekali, sedangkan nilai median adalah 43,74 dan nilai modus adalah 47,66. (2) Penerapan  media pembelajaran time line chart dilakukan sebanyak tiga kali pertemuan sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang telah dibuat oleh peneliti, yang merujuk kepada teori langkah-langkah belajar dengan mengguakan media pembelajaran time line chart. (3) Hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran time line chart diperoleh nilai rata-rata kognitif siswa ialah 79,18 menunjukkan nilai siswa sudah meningkat dari sebelumnya dengan kriteria baik, sedangkan nilai median adalah 78,3 dan nilai modus adalah 73,5. (4) Terdapat pengaruh media pembelajaran time line chart terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan uji t. Adapun hasil uji besar pengaruh perlakuan media pembelajaran time line chart terhadap hasil belajar siswa diperoleh nilai 0,95 yaitu dengan presentasi efek perlakuan sebesar 90% yang termasuk pada kategori efek besar.Kata Kunci: Time Line Chart, Hasil Belajar
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/view/23000/pdf
dc.rights Copyright (c) 2020 Prosiding Pendidikan Agama Islam
dc.source Prosiding Pendidikan Agama Islam; Vol 6, No 2, Pendidikan Agama Islam (Agustus, 2020); 59-65
dc.source Prosiding Pendidikan Agama Islam; Vol 6, No 2, Pendidikan Agama Islam (Agustus, 2020); 59-65
dc.source 2460-6413
dc.source 10.29313/.v6i2
dc.subject Pendidikan Agama Islam
dc.subject Time Line Chart, Hasil Belajar
dc.title Pengaruh Media Pembelajaran Time Line Chart terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas IV di MI Bojong
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type kuantitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account