Description:
Abstract. SDTQ Baitul Muttaqin merupakan sekolah semi non-formal dengan pendidikan berbasis PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) yang setara dengan Paket A atau SD, meskipun bukan lembaga formal namun sekolah Baitul Muttaqin berusaha memberikan pengajaran terbaiknya, salah satunya melalui pembelajaran Tahfidzul Qur’an yang menjadikan sekolah diminati bagi kalangan para orangtua. Dengan menerapkan metode talaqqi di dalam pembelajarannya sehingga menjadi jalan bagi pihak sekolah untuk bisa meraih prestasi-prestasi di ajang perlombaan Tahfidz, serta sebagian besar para lulusannya bisa berhasil memasuki pesantren terbaik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif untuk meneliti pelaksanaan pembelajaran Tahfidzul Quran dengan metode talaqqi, hasil pembelajaran Tahfidzul Quran dengan metode talaqqi dan faktor pendukung serta penghambat dari metode talaqqi dalam menghafal Al-Qur’an. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian berdasarkan dari aspek pelaksanaan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Sekolah SDTQ Baitul Muttaqin dalam tahap perencanaan sudah melaksanakan sesuai dengan rancangan yang ditetapkan oleh pihak sekolah. Dari aspek pelaksanaan sudah sesuai dengan hakikat dari metode talaqqi, tahap evaluasi dengan melakukan penilaian formatif dan sumatif. Sehingga hasil yang di dapat menujukkan bahwa dengan menggunakan metode talaqqi dalam pembelajaran Tahfidzul Qur’an di SDTQ Baitul Muttaqin menunjukkan adanya peningkatan sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Adapun faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam keberlangsungan pembelajaran dengan menggunakan metode talaqqi adanya dukungan dari orang tua, motivasi dari guru dan tempat menghafal. Faktor penghambatnya ketika munculnya rasa malas pada diri siswa serta kurangnya di dalam memanajemen waktu.Kata Kunci: Implementasi, Tahfidzul Qur’an, Metode TalaqqiAbstract. SDTQ Baitul Muttaqin is a semi-non-formal school with PKBM (based educationCommunity Learning Activity Center) which is equivalent to Package A or SD, although it is not a formal institution, but Baitul Muttaqin school tries to provide the best teaching, one of them is through learning Tahfidzul Qur'an which makes schools are in great demand among parents. By applying talaqqi method in learning so that it becomes a way for the school to be able to achieve achievements in the Tahfidz competition, and most of its graduates can successfully enter the best pesantren. This research is a qualitative research using descriptive methods to examine the implementation of Tahfidzul Quran learning with talaqqi method, the results of learning Tahfidzul Quran with talaqqi method and the supporting and inhibiting factors of talaqqi method in memorizing the Qur'an. The data collection technique is done by interview, observation and documentation. The research results are based on the implementation aspect which includes planning, implementation and evaluation. Baitul Muttaqin SDTQ school is in the planning stage and has implemented it according to the design set by the school. From the implementation aspect, it is in accordance with the nature of talaqqi method, the evaluation stage is by conducting formative and summative assessments. So that the results can show that using talaqqi method in learning Tahfidzul Qur'an at SDTQ Baitul Muttaqin shows an increase in accordance with the expected goals. As for the factors that are supporting and inhibiting the continuity of learning using, talaqqi method there is support from parents, motivation from teachers and a place to memorize. The inhibiting factor is when students feel lazy and lack of time management.Keywords: Implementation, Tahfidzul Qur'an, Talaqqi Method