Universitas Islam Bandung Repository

Penerapan Augmented Reality pada Media Promosi Berbasis Mobile

Show simple item record

dc.contributor Informatika
dc.creator Sari, Indri
dc.creator Arifin, Rita Wahyuni
dc.date 2021-01-21
dc.date.accessioned 2021-03-15T03:43:00Z
dc.date.available 2021-03-15T03:43:00Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/matematika/article/view/25734
dc.identifier 10.29313/.v7i1.25734
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/28804
dc.description Abstract. Promotional activities generally use printed media such as brochures, books at a glance, posters, and others. With the rapid advancement of information technology, current promotional activities have been helped so that it can attract more attention and enthusiasm. One of the promotional activities at Al-Bahri School is by distributing brochures. These promotional activities still do not attract attention and do not provide an overview of the existing facilities and infrastructure on campus C at Al-Bahri School. Therefore, in this final project an application with Mobile-based Augmented Reality technology will be developed that can help promotional activities, especially for existing facilities and infrastructure. The design uses the Prototype method which has the following stages: (1). Analysis of user requirements; (2). Making a prototype; (3). Customizing the prototype with the user's wishes; (4). Creating a new system; (5). Perform system testing; (6). Adjusting to the wishes of the user; (7). Using the system. To support application design, software such as Unity 3D, Vuforia, Adobe Illustrator, Visual Studio and others are used. In developing this promotional media, it is hoped that it can attract the enthusiasm of the community, especially students, to SMK Al-Bahri, and can also help provide a clearer picture using 3-dimensional images.Keywords: Augmented Reality, Promotion, Prototype, Unity 3D, Vuforia.Abstrak. Kegiatan promosi umumnya menggunakan media cetak seperti brosur, buku selayang pandang, poster, dan lain-lain. Dengan kemajuan teknologi informasi yang semakin pesat, kegiatan promosi saat ini telah banyak terbantu sehingga dapat menarik perhatian dan antusias lebih banyak. Pada SMK Al-Bahri kegiatan promosi salah satunya adalah dengan cara membagikan brosur. Kegiatan promosi tersebut masih kurang menarik perhatian dan kurang memberikan gambaran seperti apa sarana dan prasarana yang ada pada kampus C SMK Al- Bahri. Maka dari itu, pada tugas akhir ini akan dikembangkan sebuah aplikasi dengan teknologi Augmented Reality berbasis Mobile yang dapat membantu kegiatan promosi khususnya untuk sarana dan prasarana yang ada. Pada perancangannya digunakan metode Prototype yang memiliki tahapan: (1). Analisis kebutuhan user; (2). Membuat prototype; (3). Menyesuaikan prototype dengan keinginan user; (4). Membuat sistem baru; (5). Melakukan testing system; (6). Menyesuaikan dengan keinginan user; (7). Menggunakan sistem. Untuk mendukung perancangan aplikasi, maka digunakanlah perangkat lunak seperti Unity 3D, Vuforia, Adobe Illustrator, Visual Studio dan lainnya. Pada pengembangan media promosi ini diharapkan dapat menarik antusias masyarakat khususnya siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, wawancara, observasi, dan studi pustaka. para pelajar terhadap SMK Al-Bahri, dan juga dapat membantu memberikan gambaran yang lebih jelas dengan menggunakan gambar 3 dimensi.Kata Kunci: Augmented Reality, Promosi, Prototype, Unity 3D, Vuforia.
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/matematika/article/view/25734/pdf
dc.rights Copyright (c) 2021 Prosiding Matematika
dc.source Prosiding Matematika; Vol 7, No 1, Prosiding Matematika (Februari,2021); 8-14
dc.source Prosiding Matematika; Vol 7, No 1, Prosiding Matematika (Februari,2021); 8-14
dc.source 2460-6464
dc.source 10.29313/.v7i1
dc.subject Matematika
dc.subject Augmented Reality, Promosi, Prototype, Unity 3D, Vuforia.
dc.title Penerapan Augmented Reality pada Media Promosi Berbasis Mobile
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kuantitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account