Universitas Islam Bandung Repository

Analisis Teknis Penggunaan Bahan Bakar Solar dalam Operasi Pengangkutan di CV. Aneka Sri Kecamatan Rumpin Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Teknik
dc.creator Nurdiansyah, Dani Ahmad
dc.creator Zaenal, Zaenal
dc.creator Iswandaru, Iswandaru
dc.date 2020-08-25
dc.date.accessioned 2021-03-15T03:49:02Z
dc.date.available 2021-03-15T03:49:02Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pertambangan/article/view/24045
dc.identifier 10.29313/pertambangan.v6i2.24045
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/29028
dc.description Abstract. CV Aneka Sri is a company engaged in the mining industry mining andesite. The company location is located in Rumpin Village, Rumpin District, Bogor Regency, West Java Province. The mining method used is the open mining method with the Quarry type. The mining results obtained will then be processed with a crushing plant unit to produce products in the form of sirdam, split, rock ash and split stone. Based on facts in the field, the production target planned by the company was not achieved. This is due to the constraints that occur during the mining and processing process as well as the loosing material factor when transporting by dump truck. This research will discuss the effect of mining roads on fuel consumption. Evaluation of road geometry will be guided by AASHTO (American Association of State Highway and Transportation Officials) theory. In evaluating the road geometry in the form of straight road width, curved road width and road slope, the results are then compared with the AASHTO theory. The calculation results will get the travel time and power required, then compared to fuel consumption. In field observations, the segment length ranges from 40 m - 60 m, with a total length of 750 m segments, the road width for both straight and curved road conditions ranges from 8 m - 10 m and the slope of the haul road ranges from 2% - 10%. The road fuel consumption before the repair was 0.533 liter / trip, while the road fuel consumption after the road repair was 0.460 liter / trip or reduced by ± 0.073 liter / trip. The factor that most influences the use of fuel is the amount of slope under uphill conditions with the correlation coefficient R2 = 0.9113. This value shows that there is a high influence relationship between the travel time of the conveyance on uphill road conditions on fuel consumption.Keywords:  Fuel Consumption, Road Geometry, Power, Dumptruck.Abstrak. CV Aneka Sri merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang industri pertambangan yang menambang batuan andesit. Lokasi perusahaan terletak di Desa Rumpin, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Adapun metoda tambang yang digunakan adalah Metoda Tambang Terbuka dengan tipe Quarry. Hasil penambangan yang diperoleh selanjutnya akan diolah dengan satu unit crushing plant untuk menghasilkan produk berupa sirdam, split, abu batu dan batu belah. Berdasarkan fakta di lapangan, target produksi yang direncanakan oleh perusahaan tidak tercapai. Hal ini disebabkan adanya faktor hambatan yang terjadi pada saat proses penambangan dan pengolahan maupun adanya faktor loosing material pada saat pengangkutan dengan dump truck.  Dalam peneitian ini akan membahas mengenai pengaruh jalan tambang terhadap konsumsi bahan bakar. Evaluasi geometri jalan akan berpedoman pada teori AASHTO (American Association of State Highway and Transportation Officials). Dalam melakukan evaluasi geometri jalan berupa lebar jalan kondisi lurus, lebar jalan kondisi tikungan dan kemiringan jalan.Hasilnya kemudian dibandingkan dengan teori AASHTO. Hasil perhitungan akan didapatkan waktu tempuh dan daya yang dibutuhkan, kemudian dibandingkan terhadap konsumsi bahan bakar. Pengamatan di lapangan panjang segmen berkisar antara 40 m – 60 m, dengan panjang total panjang segmen 750 m, lebar jalan baik kondisi jalan lurus maupun tikungan berkisar antara 8 m – 10 m dan besar kemiringan jalan angkut berkisar antara 2 % - 10%. Konsumsi bahan bakar jalan sebelum perbaikan adalah sebesar 0,533 liter/rit, sedangkan konsumsi bahan bakar jalan setelah perbaikan jalan sebesar 0,460 liter/rit atau berkurang ± 0,073 liter/rit. Faktor yang paling mempengaruhi penggunaan bahan bakar adalah besarnya  kemiringan pada kondisi menanjak dengan koefisien korelasi R2= 0,9113. Nilai ini memperlihatkan adanya hubungan pengaruh yang tinggi antara waktu tempuh alat angkut pada kondisi jalan menanjak terhadap konsumsi bahan bakar.      Kata Kunci : Konsumsi Bahan Bakar, Geometri Jalan dan Dump Truck               
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pertambangan/article/view/24045/pdf
dc.rights Copyright (c) 2020 Prosiding Teknik Pertambangan
dc.source Prosiding Teknik Pertambangan; Vol 6, No 2, Prosiding Teknik Pertambangan (Agustus, 2020); 745-750
dc.source Prosiding Teknik Pertambangan; Vol 6, No 2, Prosiding Teknik Pertambangan (Agustus, 2020); 745-750
dc.source 2460-6499
dc.source 10.29313/pertambangan.v6i2
dc.subject Teknik Pertambangan
dc.subject Konsumsi Bahan Bakar, Geometri Jalan dan Dump Truck
dc.title Analisis Teknis Penggunaan Bahan Bakar Solar dalam Operasi Pengangkutan di CV. Aneka Sri Kecamatan Rumpin Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type kuantitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account