Universitas Islam Bandung Repository

Implementasi Keprotokoleran dalam Perspektif Public Relations

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Ilmu Komunikasi
dc.creator M, Syifa Al-Fathir
dc.creator Yuliati, Nova
dc.date 2021-01-22
dc.date.accessioned 2021-03-15T03:52:29Z
dc.date.available 2021-03-15T03:52:29Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/25697
dc.identifier 10.29313/.v7i1.25697
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/29134
dc.description Abstract: Protocol activities in the current era function significantly because protocol is a level of development of formal and orderly communication. A good protocol must be supported by its own human resources because the work to be carried out by a protocol requires quality competent human resources. Protocol activity is the implementation of effective and efficient communication methods in company activities.The focus of research in this study is how to implement protocols in the perspective of public relations at PT. Pindad (Persero), such as internal communication, communication patterns, and management of protocol activities. With the aim of knowing the implementation of protocols in the perspective of public relations at PT. Pindad (Persero).The method in this research is qualitative, with a descriptive study approach using qualitative data and the constructivism paradigm. The selection of informants in this study was deliberately purposive. Data collection techniques using in-depth interviews, observation and literature. The data validity test that the researchers used was the data triangulation technique. The theories used are organizational communication theory, PR communication patterns, protocol perspective, and conventional transactional theory. The results of this study indicate that the flow of communication is horizontal, communicating with fellow employees in the corporate communication department. Vertical communication flow, communicating upwards starting from the department level to the unit level. The stakeholder relations and protocol sub-department is under the president director and above the other directors. Diagonal or cross channel communication flow, diagonal / cross / cross channel communication is the communication most often carried out by the protocol sub-department with the secretarial, legal, and other eighteen division units. The protocol activities of receiving guests are the main activity of the company as a means of building positive meaning to the public who do not only come from within the country, also not only from the civilian circles but also from the military.Keywords: Protocol, Organizational Communication, Public Relations Communication Patterns, Internal CommunicationAbstrak: Kegiatan protokoler di era saat ini berfungsi dengan signifikan karena protokoler merupakan tingkat perkembangan dari komunikasi secara formal dan tertata. Protokoler yang baik harus didukung oleh sumber daya manusianya sendiri karena pekerjaan yang akan dijalani oleh seorang protokol memerlukan kualitas sumber daya manusia yang kompeten. Kegiatan protokoler merupakan penerapan cara berkomunikasi yang efektif dan efisien dalam kegiatan perusahaan. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi keprotokoleran dalam respektif public relations di PT. Pindad (Persero), seperti komunikasi internal, pola komunikasi, dan pengelolaan kegiatan keprotokoleran. Dengan tujuan untuk mengetahui implementasi keprotokoleran dalam respektif public relations di PT. Pindad (Persero). Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan pendekatan studi deskriptif dengan menggunakan data kualitatif dan paradigma kontruktivisme. Pemilihan informan pada penelitian ini dengan cara purposive disengaja. Teknik pengumpulan data menggunakan indepth interview, observasi dan kepustakaan. Uji keabsahan data yang peneliti gunakan yaitu teknik triangulasi data. Adapun teori-teori yang digunakan yaitu teori komunikasi organisasi, pola komunikasi PR, perspektif keprotokoleran, dan teori konvensional transaksional. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa alur komunikasi horizontal, melakukan komunikasi dengan sesama pegawai di departemen komunikasi korporat. Alur komunikasi vertikal, melakukan komunikasi ke atas dimulai dari tingkat departemen hingga tingkat unit. Sub departemen hubungan stakeholders dan protokol itu berada di bawah direktur utama dan di atas direktur-direktur lainnya. Alur komunikasi diagonal atau cross chanel, komunikasi diagonal/silang/cross chanel merupakan komunikasi yang paling sering dilakukan oleh sub departemen protokol dengan departemen kesekretariatan, legal, dan delapan belas unit divisi lainnya. Kegiatan keprotokoleran penerimaan tamu, menjadi kegiatan utama perusahaan sebagai ajang membangun makna yang positif baik kepada publiknya yang tidak hanya berasal dari dalam negeri saja, juga bukan hanya dari kalangan sipil namun juga kemiliteran.Kata Kunci: Keprotokoleran, Komunikasi Organisasi, Pola Komunikasi Public Relations, Komunikasi Internal
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/25697/pdf
dc.rights Copyright (c) 2021 Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 7, No 1, Prosiding Hubungan Masyarakat (Februari, 2021); 160-162
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 7, No 1, Prosiding Hubungan Masyarakat (Februari, 2021); 160-162
dc.source 2460-6510
dc.source 10.29313/.v7i1
dc.subject Hubungan Masyarakat
dc.subject Keprotokoleran, Komunikasi Organisasi, Pola Komunikasi Public Relations, Komunikasi Internal
dc.title Implementasi Keprotokoleran dalam Perspektif Public Relations
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Hubungan Masyarakat [793]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Hubungan Masyarakat

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account