Universitas Islam Bandung Repository

Hubungan antara Social Media Marketing Akun Instagram @sociolla dengan Keputusan Pembelian Konsumen

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Ilmu Komunikasi
dc.creator S, Ifa Nurul Maghfira
dc.creator Ahmadi, Dadi
dc.date 2021-01-22
dc.date.accessioned 2021-03-15T03:52:44Z
dc.date.available 2021-03-15T03:52:44Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/26398
dc.identifier 10.29313/.v7i1.26398
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/29166
dc.description Abstract: At this time the era is increasingly modern and technology is increasingly sophisticated, many of us definitely use the internet as a necessity to search for information, exchange information and also be able to provide information to most people. With the internet, there are so many social media that are present in the community today such as Instagram, where almost all levels of society have an Instagram account, Instagram is the right application for all people to express themselves both through photos and videos. Some people also use Instagram as a forum for doing business online, either marketing their products or providing information that is suitable for each person's needs. Including the @sociolla Instagram account which is a suitable account for women who like beauty products, who need reviews of various products and also knowledge of facial skin. By using a social media marketing strategy, it is hoped that it can expand marketing with the help of content that is uploaded every day in the Instagram @sociolla account, because this can influence followers to make purchases. This study aims to determine whether there is a relationship between Social Media Marketing of the @sociolla Instagram account and purchase decisions on followers of the @sociolla Instagram account. This research method uses a quantitative approach with a correlation approach. A correlation that connects two or more variables. Data collection techniques in this study using a questionnaire / questionnaire, literature study and observation. The population in this study were 865,000 followers of the @sociolla Instagram account. While the sample in this study were 100 people using the slovin 10% formula. The data analysis technique used in this study uses statistical analysis with the help of the SPSS version 23 application. The results of this study indicate that there is a significant relationship between Social Media Marketing of the @sociolla Instagram account with purchase decisions on followers of the @sociolla Instagram account, with a Spearman Rank correlation coefficient. 0.789 means that the relationship between Social Media Marketing on the @sociolla Instagram account with purchase decisions on followers of the @sociolla Instagram account is a strong relationship.Keywords: Instagram,  Purchase Decisions, Social Media Marketing Abstrak: Pada saat ini zaman semakin modern dan teknologi semakin canggih, banyak diantara kita pasti menggunakan internet sebagai kebutuhan untuk mencari suatu informasi, bertukar informasi dan juga dapat memberikan informasi kepada sebagian banyak orang. Dengan adanya internet maka banyaknya media sosial yang hadir tengah masyarakat saat ini seperti media sosial Instagram yang hampir semua lapisan masyarakat memiliki akun Instagram, Instagram merupakan aplikasi yang tepat bagi semua masyarakat untuk mengeskpresikan dirinya baik lewat foto maupun video. Sebagian orang pun memanfaatkan Instagram sebagai wadah untuk berbisnis secara online baik memasarkan produknya atau memberikan suatu informasi yang sesuai bagi kebutuhan masing-masing orang. Termasuk pada akun Instagram @sociolla yang merupakan akun yang cocok bagi para wanita yang menyukai produk-produk kecantikan, yang membutuhkan review dari berbagai produk dan juga pengetahuan mengenai kulit wajah. Dengan menggunakan strategi social media marketing, diharapkan bisa memperluas pemasaran dengan dibantu konten yang diupload setiap harinya dalam akun Instragram @sociolla, karena hal tersebut dapat mempengaruhi followers untuk melakukan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Hubungan antara Social Media Marketing akun Instagram @sociolla dengan keputusan pembelian pada followers akun Instagram @sociolla. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Korelasi yang menghubungkan dua variabel atau lebih. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuisioner/angket, studi pustaka dan observasi. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah followers dari akun Instagram @sociolla sebanyak 865.000. Sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang dengan menggunakan rumus slovin 10%. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik dengan bantuan aplikasi SPSS versi 23. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan Social Media Marketing akun Instagram @sociolla dengan keputusan pembelian pada followers akun Instagram @sociolla, dengan koefisiesn kolerasi Rank Spearman 0,789 artinya Hubungan antara Social Media Marketing akun Instagram @sociolla dengan keputusan pembelian pada followers akun Instagram @sociolla pada hubungan yang kuat. Kata kunci : Instagram, Keputusan Pembelian, Social Media Marketing
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/26398/pdf
dc.rights Copyright (c) 2021 Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 7, No 1, Prosiding Hubungan Masyarakat (Februari, 2021); 230-234
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 7, No 1, Prosiding Hubungan Masyarakat (Februari, 2021); 230-234
dc.source 2460-6510
dc.source 10.29313/.v7i1
dc.subject Hubungan Masyarakat
dc.subject Instagram, Keputusan Pembelian, Social Media Marketing
dc.title Hubungan antara Social Media Marketing Akun Instagram @sociolla dengan Keputusan Pembelian Konsumen
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Hubungan Masyarakat [793]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Hubungan Masyarakat

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account