Indi, Salma; Drajat, M. Subur
Description:
Abstract: The management of public opinion is carried out by looking at aspects of social reality in society so that issue management can be carried out based on objective reality, symbolic reality and subjective reality. This study discusses the management of issues that become public opinion on BPJS Health services, the importance of managing issues in a company, one of which is maintaining the company's image. This study aims to determine the role of public relations in the management of issues towards BPJS Health services, in mapping, taking steps, and involving the media to straighten public opinion regarding services to the community, the management of public opinion is very important for the sustainability of company activities. The research method used is qualitative with a case study approach. The subject in this research is the Public Relations of BPJS Kesehatan Ibu Bealni Sutanty, while the object of this research is the management of issues related to public services being transferred to the BPJS Kesehatan Bandung office. The results of this study are that public relations play a role in managing services to the public with educational strategies and outreach to the community. Management of public opinion issues in collaboration with several parties. As well as the obstacles are the public's knowledge of the duties and functions of BPJS Kesehatan, the process of delivering educational and socialization messages, there are cons from the community, individual understanding, and media relations.Keywords: Communication, public opinion, the role of public relations, service management, public services, management of public opinion.Abstrak: Pengelolaan opini publik dilakukan dengan melihat aspek realitas sosial dimasyarakat sehingga manajemen isu dapat dilakukan berdasarkan realitas objektif, realitas simbolik dan realitas subjektif. Penelitian ini membahas mengenai manajemen isu yang menjadi opini publik terhadap pelayanan BPJS Kesehatan, pentingnya mengelola isu dalam sebuah perusahaan salah satunya menjaga citra perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran humas dalam manajemen isu terhadap pelayanan BPJS Kesehatan, dalam memetakan, mengambil langkah, serta melibatkan media untuk meluruskan opini publik terkait pelayanan kepada masyarakat, pengelolaan opini publik ini menjadi penting sekali untuk keberlangsungan kegiatan perusahaan. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek dalam penelitian yaitu Humas BPJS Kesehatan ibu Bealni Sutanty, adapun objek penelitian ini adalah pengelolaan manajemen isu terkait pelayanan publik dialihkan ke kantor BPJS Kesehatan Kota Bandung. Hasil dari penelitian ini yaitu humas berperan dalam memanaj pelayanan kepada public dengan strategi edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat. Pengelolaan isu opini publik bekerja sama dengan beberapa pihak. Serta hambatannya terdapat pada pengetahuan masyarakat terhadap tugas dan fungsi BPJS Kesehatan, proses penyampaian pesan edukasi dan sosialisasi, terdapat kontra dari masyarakat, pemahaman individu, dan media relations.Kata Kunci: Komunikasi, opini publik, peran humas, manajemen pelayanan, pelayanan publik, pengelolaan opini publik.