Universitas Islam Bandung Repository

Presentasi Diri Influencer di Instagram

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Ilmu Komunikasi
dc.creator Sari, Shafira Erlinda
dc.creator Suherman, Maman
dc.date 2021-01-24
dc.date.accessioned 2021-03-15T03:53:28Z
dc.date.available 2021-03-15T03:53:28Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/26668
dc.identifier 10.29313/.v7i1.26668
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/29228
dc.description Abstrack: Influencers seek to develop roles both, and in accordance with their wishes. This is a way to motivate yourself and achieve the goals desired by Instagram players. Influencers have different motives to play a role when presenting themselves on Instagram, they will always prioritize details such as place settings for photos, costumes worn, locations of places visited and there are many small things that are taken into account with the aim of getting a good impression on social media so that they can present themselves to other social users as desired. Instagram social media is part of influencers as a forum for pouring the works that they want to present to the public or their followers on Instagram social media. The research objective is to find out how influencers can present themselves in building an image. Find out how influencers can present themselves in order to achieve the desired achievements on Instagram. Knowing how influencers can present themselves in maintaining their presence on social media. Find out why influencers use Instagram to present themselves. The research method used is a qualitative research method with the perspective of Robert K.Yin's case study which emphasizes the type 1 research design, where there is only one case and one unit of analysis using interviews with research sources. Results of the study: The way influencers present themselves in building an image, and achieve the desired achievement, and maintain their own existence, have their own way which basically does not come out of their respective styles, characteristics, and characters using Instagram as a medium because of the many societies today who use Instagram as a medium for information search and self-actualization.Keywords: The presentation self, Influencer, InstagramAbstrak: Influencer berusaha mengembangkan peran baik, dan sesuai dengan keinginannya. Hal ini merupakan suatu cara dalam memotivasi diri dan mecapai tujuan yang diinginkan para pelaku Instagram. Influencer memiliki motif berperan berbeda saat mempresentasikan dirinya di Instagram, mereka akan selalu mengedepankan hal yang detail seperti setting tempat untuk foto, kostum yang dikenakan, lokasi tempat yang dikunjungi dan masih banyak hal kecil yang diperhitungkan dengan tujuan untuk mendapatkan kesan yang baik dalam sosial media sehingga mereka bisa mempresentasikan dirinya ke pengguna sosial lain sesuai dengan yang di inginkan. Media sosial Instagram merupakan bagian dari Influencer sebagai wadah dalam menuangkan karya – karya yang ingin di presentasikan kepada masyarakat atau pengikutnya di media sosial Instagram. Tujuan penelitian untuk mengetahui cara influencer mempresentasi diri sendiri dalam membangun citra. Mengetahui cara influencer mempresentasi diri sendiri agar meraih pencapaian yang diinginkan di Instagram. Mengetahui cara influencer mempresentasi diri dalam mempertahankan eksistensi diri di media sosial. Mengetahui mengapa influencer menggunakan Instagram untuk mempresentasikan dirinya. Metode penelitian yang di gunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan perspektif studi kasus Robert K. Yin yang lebih ditekankan kepada desain penelitian tipe 1, di mana hanya ada satu kasus dan satu unit analisis dengan menggunakan wawancara dengan narasumber penelitian. Hasil penelitian: Cara yang influencer  lakukan dalam mempresentasikan diri sendiri dalam membangun citra, dan meraih pencapaian yang diinginkan, serta mempertahankan eksistensi diri mempunyai caranya tersendiri yang pada dasarnya tidak keluar dari gaya, ciri, dan karakternya masing - masing menggunakan Instagram sebagai media karena banyaknya mayarakat hari ini yang menggunakan Instagram sebagai media pencari informasi dan aktualisasi dirinya.Kata Kunci:  Presentasi diri, Influencer, Instagram
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/26668/pdf
dc.rights Copyright (c) 2021 Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 7, No 1, Prosiding Hubungan Masyarakat (Februari, 2021); 263-267
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 7, No 1, Prosiding Hubungan Masyarakat (Februari, 2021); 263-267
dc.source 2460-6510
dc.source 10.29313/.v7i1
dc.subject Hubungan Masyarakat
dc.subject Presentasi diri, Influencer, Instagram
dc.title Presentasi Diri Influencer di Instagram
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Hubungan Masyarakat [793]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Hubungan Masyarakat

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account