Universitas Islam Bandung Repository

Pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Produk Kleveru

Show simple item record

dc.contributor Ilmu Komunikasi
dc.creator Hidayaningsih, Intan Aulia
dc.creator Zulfebriges, Zulfebriges
dc.date 2020-08-21
dc.date.accessioned 2021-03-15T03:58:01Z
dc.date.available 2021-03-15T03:58:01Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/22663
dc.identifier 10.29313/.v6i2.22663
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/29290
dc.description Abstract. The growth of technology is something we cannot avoid in life, because technology will develop in accordance with advances in science. The existence of innovation aims to provide positive benefits for human life. How now we can feel that almost all needs can be facilitated by various sophistication, especially with the internet. All existing developments can be utilized by business activists in marketing communication activities. Supported by the intensity of the Indonesian people in accessing the internet, the choice in marketing activities that can be done is to utilize social media in business as did Kleveru. Kleveru is a local Indonesian skincare brand that uses organic ingredients in it. Kleveru utilizes Instagram social media in its marketing communication activities in the form of electronic word of mouth. On its Instagram page, Kleveru uploads information and benefits of each product as well as reviews of various products originating from consumers. With a variety of uploads, the public can find out information and make an assessment of the desired product through the intensity, valence of opinion and content contained in the electronic word of mouth. This study looks at the influence of electronic word of mouth on Instagram @kleveruorganics with purchasing decisions on Kleveru products. The method used in this research is quantitative with a simple linear regression approach, using data collection techniques in the form of questionnaires and literature studies. The population in this study is Instagram followers @kleveruorganics. This study use simple random sampling techniques to find the amount of sample from probability sampling. The results of this study indicate that electronic word of mouth has a significant influence on purchasing decisions for Kleveru products. The effect of electronic word of mouth on purchasing decisions is 37.7% and the remaining 62.3% is influenced by other factors not examined in this study.Keywords. E-WOM, Instagram, Purchase Decision, Kleveru Abstrak. Teknologi mengalami kemajuan dan tidak bisa kita hindari dalam kehidupan, karena teknologi akan berkembang sesuai dengan kemajuan dalam ilmu pengetahuan. Adanya inovasi bertujuan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Bagaimana saat ini bisa kita rasakan hampir semua keperluan dapat dipermudah dengan berbagai kecanggihan yang ada terutama dengan adanya internet. Segala perkembangan yang ada dapat dimanfaatkan penggiat bisnis dalam kegiatan komunikasi pemasaran. Didukung dengan intensitas masyarakat Indonesia dalam mengakses internet, pilihan dalam kegiatan pemasaran yang dapat dilakukan ialah memanfaatkan media sosial dalam bisnis seperti yang dilakukan Kleveru. Kleveru merupakan merek skincare lokal Indonesia yang menggunakan bahan-bahan organik di dalamnya. Kleveru memanfaatkan media sosial Instagram dalam kegiatan komunikasi pemasarannya yaitu berupa electronic word of mouth. Dalam laman instagramnya, Kleveru mengunggah informasi dan keunggulan tiap produk juga ulasan akan berbagai produk yang berasal dari konsumen. Dengan berbagai macam unggahan tersebut, khalayak dapat mencari tahu informasi dan melakukan penilaian akan produk yang diinginkan melalui intensity, valence of opinion dan content yang terdapat dalam electronic word of mouth. Penelitian ini meneliti bagaimana pengaruh antara electronic word of mouth yang ada pada Instagram @kleveruorganics terhadap keputusan pembelian pada produk Kleveru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan regresi linier sederhana, menggunakan teknik pengumpulan data berupa kuesioner dan studi kepustakaan. Populasi dalam penelitian ini adalah followers Instagram @kleveruorganics. Penarikan sampel menggunakan teknik simple random sampling yang termasuk ke dalam kategori probability sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa electronic word of mouth memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian produk Kleveru. Adapun pengaruh electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian sebesar 37.7% dan sisanya sebesar 62.3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.Kata Kunci. E-WOM, Instagram, Keputusan Pembelian, Kleveru.
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/22663/pdf
dc.rights Copyright (c) 2020 Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 6, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2020); 281-286
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 6, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2020); 281-286
dc.source 2460-6537
dc.source 10.29313/.v6i2
dc.subject Manajemen Komunikasi
dc.subject E-WOM, Instagram, Keputusan Pembelian, Kleveru
dc.title Pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Produk Kleveru
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Manajemen Komunikasi [680]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Manajemen Komunikasi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account