Universitas Islam Bandung Repository

Strategi Digital Marketing Brand Lokal melalui Instagram PALA Nusantara

Show simple item record

dc.contributor Ilmu Komunikasi
dc.creator Nurgiansary, Amanda
dc.creator Rinawati, Rini
dc.date 2020-08-25
dc.date.accessioned 2021-03-15T03:58:17Z
dc.date.available 2021-03-15T03:58:17Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/23413
dc.identifier 10.29313/.v6i2.23413
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/29303
dc.description Abstract. Digital marketing has an important role for the company. Through digital marketing, a brand can interacting with customers and potential customers with consumers. Building brand awareness through digital marketing is very important from brand marketing as PALA Nusantara. Pala Nusantara is a locak brand that manufactures watches with wood and other accessories. Pala Nusantara is the only local brand that has unique characteristics that carry the cultural themes of the archipelago and is also the winner of the event “Good Design Awards 2017-2019” and “Emerging Award 2019, by following this event, PALA Nusantara can offer its product to the public. The purpose of this research is to find out how the formulation of digital marketing strategies through Instagram PALA Nusantara in an effort to build brand awareness, to find out how to plan, to carry out, and how to looking for digital marketing solutions and to find out why PALA Nusantara chosee Instagram for digital marketing in an effort to build brand awareness. The method chosen by researchers to counduct research on digital marketing strategies on Instagram in an effort to build brand awareness is a qualitative method using case studies. Data collection techniques used in this researcg were through interviews, documentation, literature studies and internet sources. The results of research on digital marketing strategies through Instagram PALA Nusantara in an effort to build brand awareness, namely (1) efforts to build brand awareness is to formulate the company's vision and mission, determine the strengths and weaknesses of the company's internal and determine the strategy to be used, (2) digital marketing planning through Instagram PALA Nusantara in an effort to build brand awareness is a campaign, formulating targets and goals, determining differentiation and positioning, (3) conducting digital marketing through Instagram PALA Nusantara in an effort to build brand awareness is making steps, looking for content, determining post delivery schedules and determine influencers, (4) evaluation of digital marketing through Instagram PALA Nusantara in an effort to build brand awareness is to formulate the obstacles encountered and formulate differences after doing digital marketing, and (5) reasons PALA Nusantara chose Instagram as the media to do n digital marketing in an effort to build brand awareness is due to the large number of features on Instagram and the number of Instagram users.Keywords—Digital Marketing Strategy, Instagram, PALA Nusantara, Brand AwarenessAbstrak: Pemasaran digital (digital marketing) memegang peranan yang penting bagi perusahaan. Melalui pemasaran digital, sebuah brand bisa berinteraksi dengan para konsumen dan calon konsumen. PALA Nusantara merupakan brand lokal yang memiliki ciri khas unik yaitu mengusung tema-tema budaya Nusantara, PALA Nusantara memulai bisnisnya lewat media sosial Instagram pada tahun 2016, juga merupakan pemenang dari ajang “Good Design Awards 2017-2019” dan “Emerging Award 2019, dengan mengikuti ajang tersebut PALA Nusantara berharap bisa memperkenalkan produknya kepada khalayak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perumusan strategi digital marketing melalui Instagram PALA Nusantara dalam upaya membangun brand awareness, untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan, evaluasi digital marketing melalui Instagram PALA Nusantara dalam upaya membangun brand awareness dan untuk mengetahui apa alasan PALA Nusantara memilih Instagram sebagai media untuk melakukan pemasaran digital dalam upaya membangun brand awareness. Metode yang dipilih oleh peneliti untuk melakukan penelitian mengenai strategi digital marketing di Instagram dalam upaya membangun brand awareness ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui wawancara, dokumentasi, studi kepustakaan dan sumber internet. Hasil penelitian dari strategi digital marketing melalui Instagram PALA Nusantara dalam upaya membangun brand awareness, yaitu (1) upaya membangun brand awareness adalah merumuskan visi dan misi perusahaan, menentukan kekuatan dan kelemahan internal perushaan dan menentukan strategi yang akan digunakan, (2) perencanaan digital marketing melalui Instagram PALA Nusantara dalam upaya membangun brand awareness adalah merencanakan campaign, merumuskan target dan tujuan, menentukan diferensiasi dan positioning, (3) pelaksanaan digital marketing melalui Instagram PALA Nusantara dalam upaya membangun brand awareness adalah membuat langkah-langkah, mempersiapkan konten, menentukan timeline posting dan menentukan influencer, (4) evaluasi digital marketing melalui Instagram PALA Nusantara dalam upaya membangun brand awareness adalah merumuskan hambatan-hambatan yang ditemui dan merumuskan perbedaan setelah melakukan pemasaran digital, dan (5) alasan PALA Nusantara memilih Instagram sebagai media untuk melakukan pemasaran digital dalam upaya membangun brand awareness adalah karena banyaknya fitur-fitur di Instagram dan banyaknya pengguna Instagram.Kata Kunci: Strategi Digital Marketing, Instagram, PALA Nusantara, Brand                                     Awareness.
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/23413/pdf
dc.rights Copyright (c) 2020 Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 6, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2020); 473-477
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 6, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2020); 473-477
dc.source 2460-6537
dc.source 10.29313/.v6i2
dc.subject Manajemen Komunikasi
dc.subject Strategi Digital Marketing, Instagram, PALA Nusantara, Brand Awareness.
dc.title Strategi Digital Marketing Brand Lokal melalui Instagram PALA Nusantara
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Manajemen Komunikasi [680]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Manajemen Komunikasi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account