Universitas Islam Bandung Repository

Pengaruh Pesan Kampanye “Cegah Covid-19 #Dirumahaja dan Tetap Jaga Sistem Imun Tubuh” melalui Instagram terhadap Sikap Publik

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Ilmu Komunikasi
dc.creator Fitriansyah, Sasbila Larasati
dc.creator Triwardhani, Ike Junita
dc.date 2021-01-19
dc.date.accessioned 2021-03-15T03:58:17Z
dc.date.available 2021-03-15T03:58:17Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/25330
dc.identifier 10.29313/.v7i1.25330
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/29305
dc.description Abstract. The easiness of using social media Instagram has made campaigners take them advantage for the process of delivering messages. The emergence of COVID-19 which was confirmed by Jokowi through his official Instagram made the panic buying phenomenon appear in the middle conditions of Indonesian society. This has led many organizations and individuals to leads the campaign messages through #DiRumahAja on various social media. Indonesiabaik.id also voiced a campaign entitled “Cegah COVID-19 #DiRumahAja dan Tetap Jaga Sistem Imun Tubuh” on Instagram. In his delivery, Indonesiabaik.id appealed the public to isolate themselves at home through #DiRumahAja and continue to maintain and implement a healthy lifestyle through illustrations and simple words. This study aims to understand how big the influence of campaign message entitled “Cegah COVID-19 #DiRumahAja dan Tetap Jaga Sistem Imun Tubuh” examined by measuring the content and structure of the messages via Instagram from the publics. Basic Linear Regression Analysis Method is the asosiatif-quantitative method applied in this study. The research data ware obtained from a questionnaire distributed to 355 likers from the campaign messages obtained from the Simple Random Sampling technique. The results showed that the correlation coefficient of the Campaign has a very strong influence equal to 0.848 on Public Attitudes.Keywords: Campaign Message, Public Attitude, Health campaign, COVID-19 Campaign, Indonesiabaik.idAbstrak. Kemudahan penggunaan media sosial instagram, membuat para pelaku kampanye turut memanfaatkan instagram dalam proses penyampaian pesan-pesannya. Kemunculan COVID-19 yang dikonfirmasi oleh Jokowi melalu instagramnya membuat fenomena panic buying muncul di tengah kondisi masyarakat Indonesia. Hal ini membuat banyak organisasi maupun individu berlomba-lomba menyuarakan pesan kampanye melalui #DiRumahAja di berbagai media sosial. Indonesiabaik.id juga turut menyuarakan kampanyenya bertajuk “Cegah COVID-19 #DiRumahAja dan Tetap Jaga Sistem Imun Tubuh” di Instagram. Pada penyampaiannya, Indonesiabaik.id memberikan himbauan kepada publik untuk melakukan isolasi di rumah sendiri melalui #DiRumahAja dan tetap menjaga dan menerapkan pola hidup sehat melalui ilustrasi dan kata-kata yang sederhana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pesan kampanye “Cegah COVID-19 #DiRumahAja dan Tetap Jaga Sistem Imun Tubuh” yang dilihat dari pengukuran isi pesan dan struktur pesan melalui Instagram terhadap sikap publik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah asosiatif-kuantitatif dengan teknik analisis regresi linier sederhana. Data penelitian didapatkan dari kuesioner yang disebarkan kepada likers posting-an di Instagram Indonesiabaik.id sebanyak 355 orang, didapat dari teknik Simple Random Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koefisien korelasi Pesan Kampanye “Cegah COVID-19 #DiRumahAja dan Tetap Jaga Sistem Imun Tubuh” memiliki pengaruh yang sangat kuat sebesar 0,848 terhadap Sikap Publik.Kata Kunci: Pesan Kampanye, Sikap Publik, Kampanye Kesehatan, Kampanye COVID-19, Indonesiabaik.id
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/25330/pdf
dc.rights Copyright (c) 2021 Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 7, No 1, Prosiding Manajemen Komunikasi (Februari, 2021); 109-113
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 7, No 1, Prosiding Manajemen Komunikasi (Februari, 2021); 109-113
dc.source 2460-6537
dc.source 10.29313/.v7i1
dc.subject Manajemen Komunikasi
dc.subject Pesan Kampanye, Sikap Publik, Kampanye Kesehatan, Kampanye COVID-19, Indonesiabaik.id
dc.title Pengaruh Pesan Kampanye “Cegah Covid-19 #Dirumahaja dan Tetap Jaga Sistem Imun Tubuh” melalui Instagram terhadap Sikap Publik
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kuantitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Manajemen Komunikasi [680]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Manajemen Komunikasi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account