Universitas Islam Bandung Repository

Strategi Kreator dalam Membuat Konten Instagram

Show simple item record

dc.contributor Ilmu Komunikasi
dc.creator Fazadina, Dinda
dc.creator Rachmawati, Indri
dc.date 2020-08-09
dc.date.accessioned 2021-03-15T03:58:17Z
dc.date.available 2021-03-15T03:58:17Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/22281
dc.identifier 10.29313/.v6i2.22281
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/29310
dc.description Abstract: Brocode Barbershop is the only barbershop in the city of Bandung that has neatly arranged and appealing Instagram Content. By utilizing Instagram as a medium to convey information, Brocode conducts marketing activities through contents designed by a creator from the Brocode side. The aim of this study is to find out the reasons for using Instagram as a medium to convey information, to find out the process of creating content on Brocode’s Instagram and to find out the creator’s strategy in visualizing messages on Brocode’s Instagram account. Researcher used qualitative research methods with a case study approach, which is aimed to dig information in more depth, especially in making Instagram content. Data collection techniques used in this research are interviews, observation, documentation and literature study. The research subjects or key informants in this research are Brocode's internal parties, namely the CEO and COO, whereas for the supporting informants are experts related to content creation, consumers who have visited Brocode Barbershop and active followers of the Brocode Instagram account. The results of this study show the reasons for using Instagram content, including market needs, effective media and also as a means of branding. The process of making the content begins with the process of planning, uploading, and finally the evaluation process. Creator's strategy in visualizing the message is in the form of information content, marketing content, and entertainment content.Keyword: Marketing Communication, Content, InstagramAbstrak: Brocode Barbershop adalah satu-satunya barbershop di kota Bandung yang mempunyai konten Instagram yang tertata dengan rapih dan menarik. Dengan memanfaatkan media Instagram sebagai media menyampaikan informasi, Brocode melakukan kegiatan pemasarannya melalui konten-konten yang dirancang oleh seorang kreator dari pihak Brocode. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui alasan menggunakan konten Instagram sebagai media dalam menyampaikan informasi, untuk mengetahui proses pembuatan konten pada Instagram Brocode dan untuk mengetahui strategi kreator dalam memvisualisasikan pesan pada akun Instagram Brocode. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, yaitu ingin menggali informasi secara mendalam khususnya dalam pembuatan konten Instagram. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan studi kepustakaan. Subjek penelitian atau key informant dalam penelitian ini ialah pihak internal Brocode yaitu CMO dan COO, sedangkan untuk narasumber pendukung ialah seorang ahli yang berkaitan dengan pembuatan konten, konsumen yang sudah pernah mengunjungi Brocode Barbershop dan followers aktif akun Instagram Brocode. Hasil dari penelitian ini menunjukkan alasan penggunaan konten Instagram diantaranya kebutuhan pasar, media yang efektif dan juga sebagai sarana branding. Dalam proses pembuatan kontennya dimulai dengan tahapa proses perencanaan, uploading, dan terakhir proses evaluasi. Strategi kreator dalam memvisualisasikan pesannya berupa konten informasi, konten pemasaran, dan konten hiburan.Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran, Konten, Instagram.
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/22281/pdf
dc.rights Copyright (c) 2020 Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 6, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2020); 216-219
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 6, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2020); 216-219
dc.source 2460-6537
dc.source 10.29313/.v6i2
dc.subject Manajemen Komunikasi
dc.subject Komunikasi Pemasaran, Konten, Instagram
dc.title Strategi Kreator dalam Membuat Konten Instagram
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Manajemen Komunikasi [680]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Manajemen Komunikasi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account