Universitas Islam Bandung Repository

Hubungan antara Status Decacorn Gojek terhadap Minat Berkarir di Bidang Startup

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Ilmu Komunikasi
dc.creator Alamsyah, Nirwan
dc.creator Triwardhani, Ike Junita
dc.date 2020-08-30
dc.date.accessioned 2021-03-15T03:58:18Z
dc.date.available 2021-03-15T03:58:18Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/24601
dc.identifier 10.29313/.v6i2.24601
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/29317
dc.description Abstract. This study is entitled "The Correlation between Decacorn Gojek Status to Career Interest in Startup", which aims to determine the effect of Decacorn Gojek Status on career interest in the Startup field in Communication Management Students at Unisba Final Level. Gojek has now become the first Decacorn in Indonesia, this has encouraged the growth of the country's digital economy through online transportation offered by Gojek. The current Gojek brand image has great potential to get special attention for job seekers to start a career in startup according to their expertise, the three main pillars carried by Gojek can be the foundation for the business and achievements Gojek has achieved. The theory that forms the basis of this research is the theory of innovation diffusion. The first Decacorn status in Indonesia, which is the Gojek brand image, consists of four dimensions, namely the elements of personality, reputation, values and corporate identity, so that information dissemination of new ideas or things to the public will emerge as a new innovation for interested in a career in startup. The method used is quantitative correlation research methods. The chosen respondent was the Students of Communication Management at the Final Level of Unisba as many as 70 people by using proportional stratified random sampling techniques and relevant literature. The result of this research are : the relation between personality aspect to Career Interest in Startupis 0.458. it means there is a meaningful relationship category. Then the relation between reputation aspect to Career Interest in Startup is 0,671, and it means there is a meaningful relationship category. And the third, the relation between value aspect to Career Interest in Startup is 0,373, it means there is a low correlation but definite relation category. And the last one, the relation between corporate identity aspect to Career Interest in Startup is 0,559, it means there is a meaningful relationship category. The conclution is that the Decacorn Gojek status influence to carrer interest in startup.Keywords: Brand Image Effects, Decacorn Gojek Status, Career Interests, Startup.Abstrak. Penelitian ini berjudul “Hubungan antara Status Decacorn Gojek terhadap Minat Berkarir dibidang Startup”, yang bertujuan untuk mengetahui efek yang terdapat pada Status Decacorn Gojek terhadap minat berkarir dalam bidang Startup pada Mahasiswa Manajemen Komunikasi Tingkat Akhir Unisba. Gojek kini telah menjadi Decacorn pertama di Indonesia, hal ini mendorong pertumbuhan ekonomi digital negara lewat transportasi online yang ditawarkan Gojek. Citra merek Gojek saat ini, berpotensi besar mendapatkan perhatian khusus bagi para pencari lowongan pekerjaan untuk memulai karir di bidang startup sesuai keahliannya, tiga pilar utama yang diusung Gojek dapat menjadi pondasi atas usaha serta pencapaian yang telah dirahi Gojek. Teori yang menjadi landasan dalam penelitian ini ialah teori Difusi Inovasi. Status Decacorn pertama di Indonesia yang menjadi citra merek Gojek terdiri dari empat dimensi yaitu unsur kepribadian, reputasi, nilai nilai dan identitas perusahaan sehingga muncul penyebaran informasi atas ide-ide atau hal-hal baru kepada masyarakat sebagai inovasi baru untuk berminat berkarir di bidang startup. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian korelasi kuantitatif. Responden yang dipilih adalah Mahasiswa Manajemen Komunikasi Tingkat Akhir Unisba sebanyak 70 orang dengan menggunakan teknik sampling acak berstrata proporsional dan kepustakaan yang relavan. Hasil dari penelitian ini diantaranya adalah adanya hubungan antara kepribadian terhadap minat berkarir di bidang startup sebesar 0,458 tersebut termasuk kategori hubungan cukup berarti. Kemudian adanya hubungan antara reputasi terhadap minat berkarir di bidang startup sebesar 0,671 termasuk kategori hubungan cukup berarti. Yang ketiga adanya hubungan antara nilai - nilai terhadap minat berkarir di bidang startup sebesar 0,373 tersebut termasuk kategori hubungan rendah tapi pasti. Dan yang terakhir, adanya hubungan antara identitas perusahaan terhadap minat berkarir di bidang startup sebesar 0,559 tersebut termasuk kategori hubungan cukup berarti. Dapat dikatakan bahwa status Decacorn  Gojek mempengaruhi minat mahasiswa untuk berkarir di bidang Startup.Kata Kunci: Efek Citra Merek, Status Decacorn Gojek, Minat Berkarir, Startup.
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/24601/pdf
dc.rights Copyright (c) 2020 Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 6, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2020); 607-612
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 6, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2020); 607-612
dc.source 2460-6537
dc.source 10.29313/.v6i2
dc.subject Manajemen Komunikasi
dc.subject Efek Citra Merek, Status Decacorn Gojek, Minat Berkarir, Startup.
dc.title Hubungan antara Status Decacorn Gojek terhadap Minat Berkarir di Bidang Startup
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type kuantitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Manajemen Komunikasi [680]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Manajemen Komunikasi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account