Universitas Islam Bandung Repository

Hubungan Product Placement Tropicana Slim dalam Web Series "Janji" dengan Brand Awareness

Show simple item record

dc.contributor Ilmu Komunikasi
dc.creator Arbani, Agyl Khrisna
dc.creator Rosyad, Udung Noor
dc.date 2020-08-21
dc.date.accessioned 2021-03-15T03:58:18Z
dc.date.available 2021-03-15T03:58:18Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/22714
dc.identifier 10.29313/.v6i2.22714
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/29319
dc.description Abstract The development and progress of communication technology nowadays has influenced social and cultural life of the community and requires companies to market their products in various ways, one of them using Product placement on Youtube. Tropicana Slim's Product placement which is presented in the form of a Web-series entitled "Janji" was aired on Youtube. The Web-series aims to introduce the Tropicana Slim’s brand implicitly to the audience of the Web-series. Purpose of this study is to determine the relationship between Tropicana Slim's product placement and Brand awareness through Implicit brand, Visual dimension, and Plot dimension among Students of the Faculty of Communication, Bandung Islamic University class 2016. This study use correlational quantitative research method. Data collection in this study was done by distributing online questionnaires to Students of the Faculty of Communication Bandung Islamic University class 2016 respondents who were randomly selected through the Simple Random Sampling technique,  with population 399 students and 80 sample.The final result of the research shows that there is a very good relationships between Tropicana Slim product placement in "Janji" web series through implicit brand, visual dimension, and plot dimension with brand awareness among the students of Communication Sciences of Bandung Islamic University class 2016.Keywords. Marketing Communication, Brand awareness. Product placement, Web Series, Youtube.Abstrak. Perkembangan dan kemajuan teknlogi komunikasi, telah mempengaruhi kehidupan sosial dan kultural masyarakat dan menuntut perusahaan untuk menjual produknya dengan berbagai cara, salah satunya dengan Product placement di Youtube. Product placement Tropicana Slim yang hadir dalam bentuk Web series berjudul "Janji" ditayangkan di media Youtube. Web series tersebut bertujuan untuk memperkenalkan brand Tropicana Slim secara implicit kepada para penonton Web series tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan Product placement Tropicana Slim melalui Implicit brand, Visual dimension, dan Plot dimension dengan Brand awareness di kalangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung Angkatan 2016. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif korelasional, pengumpulan data pada penelitian ini dengan cara menyebarkan kuesioner online kepada mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi angkatan 2016 Universitas Islam Bandung yang dipilih secara acak melalui teknik Simple Random Sampling, dengan jumlah populasi sebanyak 399 mahasiswa aktif, dengam jumlah sampel sebanyak 80 orang. Hasil akhir dari penelitian ini menunjukan terdapat hubungan yang sangat baik antara product placement Tropicana Slim dalam web series "Janji" melalui implicit brand, visual dimension dan plot dimension dengan brand awareness di kalangan mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung angkatan 2016Kata Kunci. Komunikasi Pemasaran, Brand awareness. Product placement, Web Series, Youtube.
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/22714/pdf
dc.rights Copyright (c) 2020 Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 6, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2020); 287-291
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 6, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2020); 287-291
dc.source 2460-6537
dc.source 10.29313/.v6i2
dc.subject Manajemen Komunikasi
dc.subject Komunikasi Pemasaran, Brand Awareness, Product placement, Web series, Youtube
dc.title Hubungan Product Placement Tropicana Slim dalam Web Series "Janji" dengan Brand Awareness
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Manajemen Komunikasi [680]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Manajemen Komunikasi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account