Universitas Islam Bandung Repository

Kohesivitas Organisasi Unisba Nihon Kyoukai sebagai UKM Resmi

Show simple item record

dc.contributor Ilmu Komunikasi
dc.creator Aqil, Wan Muhammad
dc.creator Rochim, M
dc.date 2020-08-21
dc.date.accessioned 2021-03-15T03:58:32Z
dc.date.available 2021-03-15T03:58:32Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/22654
dc.identifier 10.29313/.v6i2.22654
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/29335
dc.description Abstract. Unisba Nihon Kyoukai is one of the official UKM at Bandung Islamic University which focuses on matters concerning Japanese culture. Unisba Nihon Kyoukai, which used to be a small community for Unisba students who liked things about Japan, experienced many changes in the process of officially becoming a student activity unit, both in terms of membership, activities, and goal formation. The purpose of this study was to determine the level of group member turnover at Unisba Nihon Kyoukai, the level of member identification of Unisba Nihon Kyoukai, the level of member participation in carrying out tasks in Unisba Nihon Kyoukai, and the level of uniformity in the behavior of Unisba Nihon Kyoukai members. The method used in this research is descriptive method with quantitative approach. The variables used for cohesiveness are 4 indicators of cohesiveness level according to Friedkin. The population in this study were all members of Unisba Nihon Kyoukai.Keywords: Cohesiveness, UKM, Unisba Nihon Kyoukai.Abstrak. Unisba Nihon Kyoukai menjadi salah satu UKM resmi di Universitas Islam Bandung yang berfokuskan pada hal – hal mengenai budaya jepang. Unisba Nihon Kyoukai yang dulunya merupakan sebuah komunitas kecil bagi mahasiswa Unisba yang menyukai hal mengenai Jepang mengalami banyak perubahan dalam prosesnya menjadi sebuah unit kegiatan mahasiswa secara resmi, baik dari segi keanggotaan, kegiatan, serta terbentuknya tujuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat turnover anggota kelompok pada Unisba Nihon Kyoukai, tingkat identifikasi anggota terhadap Unisba Nihon Kyoukai, tingakt partisipasi anggota dalam menjalankan tugas – tugas di Unisba Nihon Kyoukai, dan tingkat keseragaman perilaku anggota Unisba Nihon Kyoukai. Metode yang dilakukan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Variabel yang digunakan untuk kohesivitas adalah 4 indikator tingkat kohesivitas menurut Friedkin Populasi pada penelitian ini adalah seluruh anggota Unisba Nihon Kyoukai.Kata Kunci: Kohesivitas, UKM, Unisba Nihon Kyoukai.
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/22654/pdf
dc.rights Copyright (c) 2020 Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 6, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2020); 267-270
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 6, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2020); 267-270
dc.source 2460-6537
dc.source 10.29313/.v6i2
dc.subject Manajemen Komunikasi
dc.subject Kohesivitas, UKM, Unisba Nihon Kyoukai.
dc.title Kohesivitas Organisasi Unisba Nihon Kyoukai sebagai UKM Resmi
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Manajemen Komunikasi [680]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Manajemen Komunikasi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account