Universitas Islam Bandung Repository

Hubungan Kegiatan Promosi Brand Ambassador dengan Minat Siswa Menggunakan Aplikasi Ruangguru

Show simple item record

dc.contributor
dc.creator Lukman, Mustika Aulia
dc.creator Rinawati, Rini
dc.date 2020-08-22
dc.date.accessioned 2021-03-15T03:58:33Z
dc.date.available 2021-03-15T03:58:33Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/22793
dc.identifier 10.29313/.v6i2.22793
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/29344
dc.description Abstract. In this increasingly fierce business competition, companies are required to be more creative and use appropriate promotional activities, so using brand ambassadors as activities to promote Ruangguru applications is highly recommended to attract the attention of the audience to use Ruangguru application products. Ruangguru as the largest technology-based education service provider in Indonesia using brand ambassadors as a form of promotional activities, Iqbaal Ramadhan was chosen to be Ruangguru's brand ambassador as a young figure who was considered successful as an actor and very concerned with education. Interest in using is a form of consumer desire to use or reuse a particular object and is an interest in the company. The method used is a correlational method using data collection techniques such as questionnaires that are supported by observations and interviews that are tested for validity and reliability. The sample of this study was 53 students of SMPN 2 Bandung using a simple random sampling technique. Based on the hypothesis and sub-hypothesis data, namely X and Y, which are used from all aspects (transference, congruence, credibility, attractiveness, and power) contained in the brand ambassador show results in the form of correlation strength in the medium category and by source credibility. So it is clear that Iqbaal Ramadhan's promotional activities as brand ambassadors have a relationship with the interests of students of SMPN 2 Bandung to use the Ruangguru application.Keywords: Brand Ambassador, Interest in Using, Ruangguru application. Abstrak. Di dalam kondisi persaingan usaha yang semakin ketat ini, perusahaan dituntut harus lebih kreatif dan menggunakan kegiatan promosi yang tepat, sehingga menggunakan brand ambassador sebagai kegiatan untuk mempromosikan aplikasi Ruangguru sangat dianjurkan demi menarik perhatian khalayak untuk menggunakan produk aplikasi Ruangguru. Ruangguru sebagai penyedia layanan pendidikan berbasis teknologi terbesar di Indonesia menggunakan brand ambassador sebagai bentuk kegiatan promosi, Iqbaal Ramadhan terpilih menjadi brand ambassador Ruangguru sebagaimana sosok muda yang dinilai sukses sebagai aktor dan sangat peduli dengan pendidikan. Minat menggunakan merupakan bentuk keinginan konsumen untuk menggunakan atau menggunakan kembali suatu objek tertentu, dan merupakan suatu kepentingan bagi perusahaan. Metode yang digunakan adalah metode korelasional dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa kuesioner yang ditunjang oleh observasi dan wawancara yang teruji validitas dan reliabilitasnya. Sampel dari penelitian ini adalah siswa SMPN 2 Bandung sebanyak 53 orang dengan menggunakan teknik simple random sampling. Berdasarkan data hipotesis dan subhipotesis yaitu X dan Y yang digunakan dari semua aspek (transference, congruence, credibility, attractiveness dan power) yang terdapat pada brand ambassador menunjukkan hasil berupa kekuatan korelasi dalam kategori sedang dan sesuai dengan source credibility. Sehingga jelas bahwa kegiatan promosi Iqbaal Ramadhan sebagai brand ambassador memiliki hubungan dengan minat siswa SMPN 2 Bandung untuk menggunakan aplikasi Ruangguru.Kata Kunci: Brand Ambassador, Minat Menggunakan, Aplikasi Ruangguru.
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/22793/pdf
dc.rights Copyright (c) 2020 Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 6, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2020); 335-338
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 6, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2020); 335-338
dc.source 2460-6537
dc.source 10.29313/.v6i2
dc.subject
dc.subject Brand Ambassador, Interest in Using, Ruangguru application
dc.title Hubungan Kegiatan Promosi Brand Ambassador dengan Minat Siswa Menggunakan Aplikasi Ruangguru
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Manajemen Komunikasi [680]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Manajemen Komunikasi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account