Universitas Islam Bandung Repository

Strategi Konten Kreatif Collage Kit di Instagram

Show simple item record

dc.contributor Ilmu Komunikasi
dc.creator Nugraha, Rahadianti
dc.creator Rachmawati, Indri
dc.date 2020-08-25
dc.date.accessioned 2021-03-15T03:58:47Z
dc.date.available 2021-03-15T03:58:47Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/23432
dc.identifier 10.29313/.v6i2.23432
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/29361
dc.description Abstract. Instagram is a social media that has many benefits and is being loved by the community. Of course, with some of the benefits possessed by Instagram, one of them as an online media buying and selling makes some entrepreneurs make Instagram as a tool for buying and selling. One of the entrepreneurs who promote their products through Instagram is the Collage Kit. Collage Kit is a brand originating from the city of Bandung that sells t-shirts, long sleeves, bags and jackets. Collage Kit promotes its products through Instagram features by using content marketing that will be used in Instagram features, this is related to creative strategies that certainly have characteristics or differences so that they can attract the attention of potential consumers. The purpose of this study are (1) To find out the beginning of the formation of creative content strategies used by the Collage Kit on Instagram (2) To find out the steps of the creative strategy used by the Collage Kit on Instagram (3) To find out the obstacles faced by the Collage Kit in building creative content on Instagram. This study uses qualitative research methods with a case study approach. This research uses the theory of Content Marketing (Gunelius) and Creative Strategies (Kotler and Keller) to assist analysis. The results of this study can be seen that the creative content strategy formed by the Collage Kit is to use content that follows the trend and follows the tastes of the Collage Kit consumers by combining the characteristics of a Collage Kit that is colorful, cheerful, and playful. Creative content created by the Collage Kit aims to increase sales by using a number of steps, namely estimating creative content created, determining STP, studying behavior, looking for inspiration, creating creative content on Instagram dynamically. The forms of creative content are made based on things that are trendy, informing about Collage Kit products, collaborating with artists or celebrities, talking about consumers, games and reposting customer photos using Collage Kit products. Besides the obstacles of Collage Kit in shaping the strategy content on Instagram is that the Collage Kit has improvised materials and faclities as well as difficulties in continuing to raise the membership. Therefore Collage Kit maximizes the available materials and facilities to be more interesting and always controls and reports every development on Instagram.Keywords: Marketing Communication, Content Marketing, Creative Strategies, Instagram. Abstrak.Instagram merupakan salah satu media sosial yang banyak manfaatnya dan sedang digandrungi oleh masyarakat. Tentunya dengan beberapa manfaat yang dimiliki oleh Instagram salah satunya  sebagai media online jual beli membuat beberapa pengusaha menjadikan Instagram sebagai alat untuk jual beli. Salah satu pengusaha yang mempromosikan produknya melalui Instagram adalah Collage Kit. Collage Kit  adalah salah satu brand yang berasal dari Kota Bandung yang menjual t-shirt, long sleeve, tas dan jaket. Collage Kit mempromosikan produknya melalui fitur-fitur Instagram dengan menggunakan konten marketing yang akan digunakannya ke dalam fitur-fitur Instagram, hal ini berkaitan dengan strategi kreatif yang tentunya memiliki ciri khas atau perbedaan sehingga dapat menarik perhatian calon konsumen. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui awal mula terbentuknya strategi konten kreatif yang digunakan oleh Collage Kit di Instagram (2) Untuk mengetahui langkah-langkah strategi kreatif yang digunakan oleh Collage Kit di Instagram (3) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi Collage Kit dalam membangun konten kreatif di Instagram. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini menggunakan teori Content Marketing (Gunelius) dan Strategi Kreatif (Kotler dan Keller) untuk membantu analisis. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa strategi konten kreatif yang dibentuk oleh Collage Kit adalah menggunakan konten yang mengikuti trend dan mengikuti selera konsumen Collage Kit dengan tetap menggabungkan karakteristik Collage Kit yaitu colorful, cheerful, dan playful. Konten kreatif yang dibuat oleh Collage Kit bertujuan untuk meningkatkan penjualan dengan menggunakan beberapa langkah yaitu mengira-ngira konten kreatif yang dibuat, menentukan STP, mempelajari behavior, mencari inspirasi, membuat konten kreatif di Instagram secara dinamis. Bentuk-bentuk konten kreatif yang dibuat berdasarkan hal yang sedang trendi, menginfomasikan mengenai produk Collage Kit, berkolaborasi dengan artis atau selebgram, curhatan konsumen, games dan repost foto pelanggan menggunakan produk Collage Kit. Selain itu hambatan Collage Kit dalam membentuk konten strategi di Instagram adalah Collage Kit mempunyai bahan dan sarana seadanya serta kesulitan untuk terus menaikan anggement. Maka dari itu Collage Kit memaksimalkan bahan dan sarana yang ada menjadi lebih menarik dan selalu mengontrol dan mereport setiap perkembangan di Instagram.Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran, Konten Marketing, Strategi Kreatif, Instagram.
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/23432/pdf
dc.rights Copyright (c) 2020 Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 6, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2020); 481-485
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 6, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2020); 481-485
dc.source 2460-6537
dc.source 10.29313/.v6i2
dc.subject Manajemen Komunikasi
dc.subject Komunikasi Pemasaran, Konten Marketing, Strategi Kreatif, Instagram / Marketing Communication, Content Marketing, Creative Strategies, Instagram.
dc.title Strategi Konten Kreatif Collage Kit di Instagram
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Manajemen Komunikasi [680]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Manajemen Komunikasi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account