Abstract:
Banyaknya jenis media massa menjadikan khalayak memiliki banyak
pilihan media. Khalayak dapat memilih media yang mereka suka dan dinilai dapat
memenuhi kebutuhannya. Salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi oleh media
adalah kebutuhan informasi. Penggunaan media adalah salah satu cara khalayak
untuk memenuhi kebutuhannya tersebut. Televisi merupakan salah satu media
yang digunakan sebagai sumber informasi dan hiburan. Karakteristik televisi yaitu
audio visual memberikan kemudahan kepada khalayak untuk memahami setiap
informasi yang disampaikan. Perkembangan pertelevisian di Indonesia yang
begitu pesat menimbulkan persaingan diantara stasiun-stasiun televisi. Stasiun
televisi berlomba-lomba menyajikan tayangan-tayangan yang dapat menarik
perhatian khalayak dan dinilai dapat memenuhi kebutuhannya. Tayangan yang
disajikan bukan hanya dapat menghibur, tetapi juga dapat memberikan informasi,
pengetahuan dan dapat mendidik masyarakat. Trans 7 dengan misinya menjadi
wadah ide dan aspirasi guna mengedukasi dan meningkatkan kualitas hidup
masyarakat, diwujudkan dengan cara menyajikan tayangan-tayangan yang
informatif dan mendidik salah satunya adalah Tayangan Modern Moms.
Penelitian ini berjudul “Hubungan Antara Menonton Tayangan Modern
Moms Trans 7 Dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Para Ibu”. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahu hubungan antara menonton tayangan
Modern Moms Trans 7 dengan pemenuhan kebutuhan informasi para ibu.
Penelitian ini menggunakan metode korelasional. Teknik analisis yang
digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif dan analisis
inferensial. Populasi dalam penelitian ini adalah Para Ibu di lingkungan Posyandu
Kecamatan Margahayu, Kabupaten Bandung. Sampel dalam penelitian ini adalah
para Ibu di lingkungan Posyanndu Anggrek XI, Desa Margahayu Selatan,
Kecamatan Margahayu, Kabupaten Bandung. Teknik pengambilan sampel yang
digunakan menggunakan metode probability sampling. Teknik sampling yang
digunakan adalah cluster sampling. Teori yang digunakan dalam penelitian ini
adalah Teori Uses and Gratifications.
Sementara itu, untuk mengumpulkan data penelitian peneliti menggunakan
teknik penyebaran angket, wawancara dan studi kepustakaan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat dan positif antara menonton
tayangan Modern Moms Trans 7 dengan pemenuhan kebutuhan informasi para
Ibu dengan nilai koefisien korelasi sebesar o.636. Kesimpulan dalam penelitian ini
adalah terdapat hubungan antara menonton tayangan Modern Moms Trans 7
dengan pemenuhan kebutuhan informasi para Ibu