Universitas Islam Bandung Repository

Fotografi sebagai Media Komunikasi Visual dalam Digital Marketing

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Ilmu Komunikasi
dc.creator Christanto, Monica Melvriana Putri
dc.creator Wiksana, Wiki Angga
dc.date 2021-01-22
dc.date.accessioned 2021-03-15T03:59:17Z
dc.date.available 2021-03-15T03:59:17Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/26163
dc.identifier 10.29313/.v7i1.26163
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/29400
dc.description Abstract. Nowadays, marketing activities have developed sophisticatedly. One form of marketing activity that follows technological developments is digital marketing or digital marketing. Digital marketing activities certainly utilize internet technology and other communication media, one of which is visual communication media as its support. Photography is one of the visual supports in digital marketing activities because photography activities produce a photo work where it is used by business people as product photos. Of course, product photos launched by a brand must go through several processes first so that the message to be conveyed is conveyed effectively to those who see it. With photography, brands can make potential consumers imagine what if the product is used. One of the local brands doing digital marketing activities is Hi Jack Sandals. Digital marketing carried out by Hi Jack Sandals uses website and social media channels where the marketing content they use is product photos. In this study, researchers used qualitative research methods with a descriptive approach. The data collection techniques used in this study used interviews, observation, documentation, and literature study. Based on the data analysis, it is concluded that the photography activities carried out by Hi Jack Sandals go through several stages, namely pre-production, production, and post-production. Then there are some disadvantages and advantages of using photography as a visual communication medium in digital marketing. And the process of selecting the work to become a product photo lies with the Creative Director of Hi Jack Sandals himself.Keywords: Digital Marketing, Photography, Visual Communication MediaAbstrak. Di masa kini, kegiatan pemasaran sudah berkembang dengan canggih. Salah satu bentuk kegiatan pemasaran yang mengikuti perkembangan teknologi adalah pemasaran digital atau digital marketing. Kegiatan digital marketing tentu memanfaatkan teknologi internet dan media komunikasi lain, salah satunya adalah media komunikasi visual sebagai penunjangnya. Fotografi menjadi salah satu penunjang visual dalam kegiatan digital marketing karena kegiatan fotografi menghasilkan sebuah karya foto dimana hal tersebut dimanfaatkan bagi pelaku bisnis sebagai foto produk. Tentu foto produk yang diluncurkan oleh suatu brand harus melalui beberapa proses terlebih dahulu agar pesan yang ingin disampaikan tersampaikan secara efektif kepada yang melihatnya.Dengan adanya fotografi pula, brand dapat membuat calon konsumen membayangkan bagaimana jika produk tersebut ia gunakan. Salah satu brand local yang melakukan kegiatan digital marketing adalah Hi Jack Sandals. Pemasaran digital yang dilakukan oleh Hi Jack Sandals menggunakan saluran website dan social media dimana konten marketing yang mereka gunakan merupakan foto produk. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunkan wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Berdasarkan analisa data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa kegiatan fotografi yang dilakukan oleh Hi Jack Sandals melewati beberapa tahapan yaitu pra-production, production, dan post-production. Lalu terdapat beberapa kekurangan dan kelebihan dari pemanfaatan fotografi sebagai media komunikasi visual dalam digital marketing. Serta proses pemilihan hasil karya untuk menjadi foto produk berada pada pihak Creative Director dari Hi Jack Sandals sendiri.Kata Kunci : Digital Marketing, Fotografi, Media Komunikasi Visual
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/26163/pdf
dc.rights Copyright (c) 2021 Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 7, No 1, Prosiding Manajemen Komunikasi (Februari, 2021); 195-197
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 7, No 1, Prosiding Manajemen Komunikasi (Februari, 2021); 195-197
dc.source 2460-6537
dc.source 10.29313/.v7i1
dc.subject Manajemen Komunikasi
dc.subject Digital Marketing, Fotografi, Media Komunikasi Visual
dc.title Fotografi sebagai Media Komunikasi Visual dalam Digital Marketing
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Manajemen Komunikasi [680]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Manajemen Komunikasi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account