Universitas Islam Bandung Repository

Strategi Segmentasi Pasar Red Lotus Rent Car

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Ilmu Komunikasi
dc.creator Turana, Vega
dc.creator Karsa, Satya Indra
dc.date 2021-01-19
dc.date.accessioned 2021-03-15T03:59:18Z
dc.date.available 2021-03-15T03:59:18Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/25312
dc.identifier 10.29313/.v7i1.25312
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/29408
dc.description Abstract. The increasing number of car rental service companies in Bandung has led to a lot of competition or competition between car rental service companies. The importance of using the right strategy to face increasingly fierce competition. Market segmentation is a concept that is very important to understand and serve consumers better and the most important thing is to satisfy the needs and desires of the intended consumers. Red Lotus is a car rental company that puts forward thetype city car. The purpose of the research conducted by the author is to find out how the market segmentation strategy is carried out, how to determine the market segmentation and how thestrategy Red Lotus in increasing the number of consumers as a marketing communication activity. To conduct research on this market strategy, the author uses qualitative methods. This type of research is more emphasized to explore the meaning stored in a social phenomenon. That way, this type of research can provide in-depth results because the data can be open. The approach used in this research is a case study because this phenomenon occurs within a certain time limit and the researcher emphasizes the process. From the research that has been done, the researchers found that themarket segmentation strategy Red Lotus Rent Car is to determine market segmentation based on geographic, demographic and psychological terms. Positioning is carried out by Red Lotus by displaying its advantages and differentiating it from other places in the form of its fleet which is more in accordance with the segment and the target that has been determined, namely the  city car. Marketing communication activities carried out by Red Lotus through advertising are to provide information and also persuade the public to rent products from  Red Lotus Rent Car. The obstacles faced by the Red Lotus Rent Car are intense competition due to theconditions Covid-19 pandemic. The reason Red Lotus undertakes a segmentation strategy is so that companies can classify homogeneous consumers. Keywords: SegmentationStrategy, Targeting, Positioning and Marketing CommunicationAbstrak. Semakin banyaknya perusahaan jasa rental mobil yang berada di Kota Bandung menimbulkan banyaknya persaingan atau kompetisi antar perusahaan jasa rental mobil. Pentingnya untuk menggunakan stategi yang tepat untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat. Segmentasi pasar merupakan suatu konsep yang sangat penting untuk memahami dan melayani konsumen secara lebih baik dan yang terpenting adalah memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen yang dituju. Red Lotus adalah perusahaan rental mobil yang mengedepankan mobil-mobil yang berjenis city car. Tujuan penelitian yang dilakukan penulis yaitu untuk mengetahui bagaimana strategi segmentasi pasar yang dilakukan, bagaimana menetapkan segementasi pasar tersebut dan bagaimana strategi Red Lotus dalam meningkatkan jumlah konsumen sebagai salah satu kegiatan komunikasi pemasaran. Untuk melakukan penelitian mengenai strategi pasar ini, penulis menggunakan metode kualitatif. Jenis penelitian ini lebih ditekan kan untuk menggalimakna yang tersimpan pada suatu fenomenasosial. Dengan begitu maka jenis penelitian ini dapat memberikan hasil yang mendalam karena data yang di dapat bersifat terbuka. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus karena fenomena ini terjadi dalam batas waktu tertentu dan peneliti menekankan pada prosesnya. Dari penelitian yang telah dilakukan, peneliti menemukan strategi segmentasi pasar Red Lotus Rent Car adalah dalam menetapkan segmentasi pasar berdasarkan geografis, demografis dan psikologis. Positioning yang dilakukan Red Lotus dengan menampilkan kelebihan yang dimilikinya dan menjadi pembeda dengan tempat lainnya berupa armada yang dimilikinya lebih banyak sesuai dengan segmen dan target yang telah ditentukan yaitu city car. Kegiatan komunikasi pemasaran yang dilakukan Red Lotus melalui periklanan yaitu untuk memberikan informasi dan serta membujuk masyarakat untuk menyewa produk dari Red Lotus Rent Car. Kendala yang di hadapi Red Lotus Rent Car ketatnya persaingan dikarenakan kondisi pandemic Covid-19. Alasan Red Lotus melakukan strategi segmentasi agar perusahaan dapat mengelompokkan konsumen yang homogenKata Kunci: Strategi Segmentasi, Target, Posisi dan Komunikasi Pemasaran
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/25312/pdf
dc.rights Copyright (c) 2021 Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 7, No 1, Prosiding Manajemen Komunikasi (Februari, 2021); 103-108
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 7, No 1, Prosiding Manajemen Komunikasi (Februari, 2021); 103-108
dc.source 2460-6537
dc.source 10.29313/.v7i1
dc.subject Manajemen Komunikasi
dc.subject Strategi Segmentasi, Target, Posisi dan Komunikasi Pemasaran
dc.title Strategi Segmentasi Pasar Red Lotus Rent Car
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Manajemen Komunikasi [680]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Manajemen Komunikasi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account