Universitas Islam Bandung Repository

Hubungan antara Proses Pencarian Informasi pada Akun Instagram @Bandungtalk dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers Aktif

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Ilmu Komunikasi
dc.creator Permana, Agi Galuh Cipta
dc.creator Maryani, Anne
dc.date 2021-01-19
dc.date.accessioned 2021-03-15T03:59:18Z
dc.date.available 2021-03-15T03:59:18Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/25217
dc.identifier 10.29313/.v7i1.25217
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/29412
dc.description Abstract. This study aims to determine the relationship between the process of finding information on Instagram @Bandungtalk with the fulfillment of the needs of active followers. The method used is quantitative correlational method. The population of this study is the active followers of Instagram @ bandungtalk. With a sample size of 98 active followers from the total population. The method of data collection is done by observation, interviews, and literature study.The theory used in this research is information search theory that explains when searching for or obtaining information, people will tend to avoid information that is not in accordance with the image of reality because it will be considered disturbing and threatening the entire system that exists in him. Every human being in this age of rapid technological and information development certainly needs information to meet needs. Therefore in this study the researchers tried to link the process of finding information with meeting the needs of using quantitative correlational methods. Research Focus. This research is the process of finding information on Instagram @bandungtalk by fulfilling the needs of active followers.In this study, researchers used several aspects of information search theory namely 1) information seeking 2) avoidance of information and aspects of meeting the needs used by researchers, namely 1) cognitive needs 2) affective needs 3) personal integration needs If there is a relationship between the two variables X and Y then if the information retrieval process carried out by active followers relates to meeting needs, the Instagram account @ bandungtalk becomes a positive information resource.Keywords: Information Search Process, Information Search, Need Fulfillment, Instagram, followers.Abstrak. Perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat mendorong munculnya kelahiran era media informasi digital diberbagai platfrom media sosial salah satunya instagram @Bandungtalk. Ledakan informasi menyebabkan berbagai respons yang diberikan follower terkait dengan pemenuhan kebutuhan informasi yang sesuai dengan image of reality- nya,sehingga peneliti mencoba menghubungkan proses pencarian informasi dengan pemenuhan kebutuhan informasi menggunakan metode kuantitatif korelasional. Fokuspada penelitian ini yaitu seberapa besar hubungan antara pencarian informasi melalui instagram @bandungtalk dengan pemenuhan kebutuhan informasifollower. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Antara Proses Pencarian Informasi Di Instagram @Bandungtalk Dengan Pemenuhan Kebutuhan Followers Aktif. Metode yang digunakan adalah  metode korelasional kuantitatif. Populasi dari penelitian ini yaitu followers aktif instagram @bandungtalk dengan jumlah sampel sebanyak 98followers dari total populasi yang ada. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuisioner.Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pencarian informasi yang menjelaskan kecenderungan respon manusia terhadap pemenuhan kebutuhan informasi yang diterima. Aspek-aspek dalam teori pencarian informasi yang digunakan pada penelitian ini yaitu 1) pencarian informasi 2) penghindaran informasi, dan aspek aspek pemenuhan kebutuhan informasi yang digunakan yaitu 1) kebutuhan kognitif 2) kebutuhan afektif 3) kebutuhan integrasi personal. Jika ada hubungan diantara kedua variabel X dan Y maka proses pencarian informasi yang dilakukan oleh followers aktif berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan informasi, dan akun instagram @bandungtalk menjadi sumberdaya informasi yang positif.Kata Kunci: Informasi, Pencarian informasi, instagram, followers,.
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/25217/pdf
dc.rights Copyright (c) 2021 Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 7, No 1, Prosiding Manajemen Komunikasi (Februari, 2021); 60-63
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 7, No 1, Prosiding Manajemen Komunikasi (Februari, 2021); 60-63
dc.source 2460-6537
dc.source 10.29313/.v7i1
dc.subject Manajemen Komunikasi
dc.subject Informasi, Pencarian informasi, instagram, followers
dc.title Hubungan antara Proses Pencarian Informasi pada Akun Instagram @Bandungtalk dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers Aktif
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kuantitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Manajemen Komunikasi [680]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Manajemen Komunikasi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account