Description:
Abstract. This study aims to examine the effect of reward and individual morality on fraud prevention. This research us a quantitative research with descriptive and verification methods with a survey approach. This study uses primary data sources obtained through kuesioner filled in by respondents, namely Go-jek drivers in Bandung City. The sampling technique used in this study was convenience sampling. data collection is done by visiting directly and distributing the questionnaire link online (google form) to respondents. Respondents in this study were 55 Go-jek drivers in Bandung. Hypothesis testing was carried out by using the multiple regression analysis method using SPSS version 23 sofware. The results of this study indicate that: 1) reward does not have a significants effect on fraud prevention in Go-jek drivers in Bandung, 2)individual morality has a significant positive effect on fraud prevention in drivers Go-jek in Bandung. Suggestions for further research are to add research variables such as internal control, religiosity, good corporate governance,HR competence organizational culture other variabels thay may affect fraud prevention. Keywords: Individual, Morality,Fraud Prevention, Go-jek Driver, Reward.Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh reward dan moralitas individu terhadap pencegahan fraud. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan survey. Penelitian ini menggunakan sumber data primer ynag diperoleh melalui kuesioner yang diisi oleh responden yaitu pengemudi Go-jek di Kota Bandung. Teknik sampling yang digunakan adalam penelitian ini adalah dengean menggunakan convenience sampling. pengumpulan data dilakukan dnegna mndatangi langsung dan menyebarkan link kuesioner secara online (google form) kepada responden. Responden dalam penelitian ini berjumlah 55 pengemudi Go-jek di Kota Bandung. Pengujian hipotesis dilakukan dengan metode analisis regresi berganda menggunakan software SPSS versi 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) reward tidak berpengaruh signifikan terhadap pencegahan fraud pada pengemudi Go-jek di Kota Bandung, 2) moralitas individu berpengaruh positif signifikan terhadap pencegahan fraud pada Pengemudi Go-jek di Kota Bandung. Saran bagi penelitian selanjutnya untuk menambahkan variabel penelitian seperti pengendalian internal, religiusitas, good corporate governance, kompetensi SDM, budaya organisasi dan variabel-variabel lainnya yang mungkin dapat berpengaruh terhadap pencegahan fraud.Kata Kunci: Individu, Moralitas,Pencegahan Fraud, Pengemudi Go-jek, Reward