Abstract:
Penelitian ini membahas tentang audit public relations (PR) program
publikasi dan dokumentasi yang ada di perusahaan PT. Dirgantara Indonesia. Audit
termasuk riset yang banyak dilakukan dalam kegiatan, salah satunya adalah melalui
kegiatan audit kehumasan (public relations audit). Penelitian ini menggunakan
metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa program publikasi dan dokumentasi sangat
berperan penting dalam membangun eksistensi perusahaan, yang diamati peneliti
lewat implementasi model audit pr melalui level persiapan, implementasi, dan
dampak yang menunjukkan bahwa publikasi dan dokumentasi benar-benar harus
dipersiapkan secara matang untuk mencapai target yang ingin dicapai. Alasan dari
eksistensi PT. Dirgantara Indonesia masih diragukan di masyarakat merupakan
dampak dari hambatan terbesar mereka saat ini yaitu kurangnya sumber daya manusia
yang ada di divisi humas. Dengan kondisi tersebut mereka masih berusaha
memaksimalkan kemampuan mereka dengan menyusun langkah-langkah dalam
membangun eksistensi lewat pengembangan media saluran penyebaran pemberitaan
perusahaan melalui media jejaring sosial.