Universitas Islam Bandung Repository

Proses Operasional Public Relations Dalam Program Csr “Broadband Learning Center” Oleh Cdc Pt. Telkom Tbk.

Show simple item record

dc.contributor.author Afrianti, Riana
dc.date.accessioned 2016-02-16T03:41:56Z
dc.date.available 2016-02-16T03:41:56Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/2961
dc.description.abstract Perkembangan Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai salah satu kegiatan sosial perusahaan, dari tahun ke tahun semakin menjadi perbincangan. Setiap perusahaan yang berbadan hukum PT wajib untuk memberlakukan CSR pada kegiatan perusahaannya. Selain itu, kini CSR dapat dilakukan dalam bentuk keterlibatan program atau kegiatan pengembangan komunitas (Community Development). Hal ini dilakukan PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. sebagai perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ternama di Indonesia. Dengan memiliki unit Community Development Center (CDC) yang terdiri dari Program Kemitraan dan Bina Lingkungan, Telkom selalu berupaya memberdayakan masyarakat melalui program Broadband Learning Center yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Hal tersebut yang menarik penulis untuk melakukan penelitian mengenai “Proses Operasional Public Relations dalam Program CSR “Broadband Learning Center” Oleh CDC PT. Telkom, Tbk. Untuk Pengadaan Laboratorium IT PAUD Al-Hidayah Desa Dayeuhkolot Bandung”. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses operasional public relations dalam program CSR “Broadband Learning Center” melalui tahap defining public relations problems, planning and programming, taking action and communicating, dan evaluating the program. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Deskriptif Analisis, dimana hanya menggambarkan dan memaparkan situasi dan peristiwa yang terjadi di lapangan dan sesuai dengan fakta yang ada. Dalam hal ini peneliti bertindak sebagai pengamat dan terjun langsung ke lapangan. Sedangkan teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, dimana sampel pada penelitian ini ditentukan sesuai karakteristik penelitian. Dari penelitian ini dapat diambil kesimpulan mengenai empat tahap proses operasional public relations yang dilakukan CDC Telkom, dalam melakukan program CSR “Broadband Learning Center” untuk pengadaan Laboratorium IT PAUD Al-Hidayah. Kesimpulan keempat tahap tersebut yaitu: tahap defining public relations problems yang dilakukan adalah pengamatan di lapangan dengan mencari opini masyarakat dan menanggapi opini masyarakat, serta menetapkan pihak-pihak yang akan terlibat dalam pelaksanaan program. Pada tahap planning and programming yang telah dilakukan antara lain memproses proposal yang masuk ke sekretariatan dan lebih fokus kepada perencanaan kegiatan yang akan dilakukan. Tahap taking action and communicating CDC Telkom tidak bekerja sendirian tetapi melibatkan KOPEGTEL sebagai pihak yang membeli bantuan dan menyerahkan bantuan pada objek bantuan. Sedangkan pada tahap evaluating the program dapat diketahui bahwa pelaksanaan program ini dinilai cukup efektif. Namun terdapat beberapa perbaikan seperti kurangnya personil CDC Telkom untuk mengontrol pelaksanaan secara langsung. en_US
dc.description.sponsorship Dr. Hj. Ani Yuningsih, Dra., M.Si. en_US
dc.publisher Fakultas Ilmu Komunikasi (UNISBA) en_US
dc.subject Public Relations, Studi Deskriptif, Program Corporate Sosial Responsibility en_US
dc.title Proses Operasional Public Relations Dalam Program Csr “Broadband Learning Center” Oleh Cdc Pt. Telkom Tbk. en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account