Description:
Abstract. This study aims to determine the effect of leverage, profitability and firm size on firm value based on discretionary limits. This type of research is descriptive verification research. The research was conducted at 13 Food And Baverages sub-sector manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange in 2014-2019. Data is obtained through documentation, data collection in annual reports and corporate financial reports from the Indonesia Stock Exchange (IDX).Discretionary data to measure earnings management as a moderating variable, return on investment (ROE) to measure profitability, debt ratios to measure leverage, total asset logarithms to measure firm size and tested using multiple flexible regression tests.The result of the research shows that Leverage partially has a significant positive effect on Firm Value, Profitability partially has a significant positive effect on Firm Value, Firm Size is partially has a significant positive effect on Firm Value at Firm, Firm Value is influenced by Earning Management actions by company management Keywords: Leverage, Profitability, Firm Size, Firm Value, Earnings Management, and Moderating Variables.Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Leverage, Profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan berdasarkan batasan diskresioner. Jenis penelitian ini adalah penelitian Deskriptif Verifikatif. Penelitian dilakukan pada 13 perusahaan manufaktur sub sektor Food And Baverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2014-2019. Data diperoleh melalui dokumentasi, pengumpulan data dalam laporan tahunan dan laporan keuangan perusahaan yang terdapat dari Bursa Efek Indonesia (BEI). Data keleluasaan untuk mengukur manajemen laba sebagai variabel moderasi, return on investment (ROE) untuk mengukur profitabilitas, debt ratios untuk mengukur leverage, logaritma total aset untuk mengukur ukuran perusahaan dan diuji dengan menggunakan uji regresi fleksibel berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Leverage secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap Nilai Perusahaan,Profitabilitas secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap Nilai Perusahaan, Ukuran Perusahaan secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan, nilai perusahaan dipengaruhi oleh tindakan Manajemen Laba yang dilakukan pihak manajemen perusahaanKata kunci: Leverage, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Nilai Perusahaan, Manajemen Laba, dan Variabel Moderasi