Abstract:
Brand activation adalah salah satu cara mendekatkan diri perusahaan
kepada sasarannya dengan mengingatkan keberadaannya serta produk yang
dipasarkan, sehingga khalayak sasarannya tertarik dan loyal kepada produk
perusahaan tersebut. Brand activation bisa dilakukan dengan berbagai cara mulai
dari kampanye lingkungan, bekerja sama menjadi sponsor dengan event - event
yang ada, membuka stand di pameran pendidikan hingga pameran yang diadakan
oleh pemerintah, dan masih banyak cara brand activation lainnya. Brand
activation yang sering dilakukan oleh perusahaan Inilah Koran yaitu dengan
kampanye yang berkaitan dengan lingkungan. Salah satunya melalui event
“Tanda Cinta Untuk Warga”.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui visi Inilah Koran
menerapkan event tersebut sebagai brand activation, siapa saja sumber daya
manusia yang dilibatkan dalam mewujudkan event tersebut, proses pelaksanaan
kegiatan brand activation Inilah Koran melalui event tersebut, cara Inilah Koran
membentuk kerjasama tim dalam mewujudkan event tersebut, dan bentuk
keterlibatan calon konsumen dalam event tersebut. Metode yang digunakan oleh
penulis yaitu studi deskriptif kuantitatif dengan data kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian diatas bahwa visi Inilah Koran menerapkan
event “Tanda Cinta Untuk Warga” sebagai brand activation yaitu untuk
memperkenalkan dan memasarkan merek Inilah Koran ke sasaran yang belum
dijangkau sebelumnya serta mempertahankan ke eksistensiannya sebagai
perusahaan media cetak baru. Event “Tanda Cinta Untuk Warga” melibatkan
seluruh pihak karyawan Inilah Koran, pihak sponsor, dan calon konsumen. Proses
pelaksanaan dimulai dari sebelum pelaksanaan kegiatan, saat berlangsungnya
kegiatan, dan setelah pelaksanaan kegiatan. Cara membentuk kerjasama tim
dengan membangun suasana kekeluargaan dalam tim, membuat rapat koordinasi
tim secara rutin, mengadakan outbound atau gathering, dll. Bentuk keterlibatan
konsumen dalam event tersebut yakni dengan mengikuti kampanye penanganan
sampah yang baik, penanaman bibit pohon di polybag, dan gerakan atau aksi
pungut sampah.