Abstract:
Wakaf uang merupakan jenis harta wakaf yang potensial. Akan tetapi,
penerimaan dana wakaf belum mencapai angka potensi. Hal ini disebabkan
mayoritas masyarakat hanya mengetahui wakaf pada benda tidak bergerak.
Tindakan dalam merealisasikan potensi tersebut berkaitan dengan minat seseorang
dalam berwakaf uang. Adapun dalam memunculkan minat seseorang diperlukan
faktor yang mempengaruhi seperti faktor persepsi. Apabila seseorang memiliki
persepsi yang baik terhadap wakaf uang maka akan timbul sebuah minat untuk
berwakaf uang. Tujuan penelitian ini: Untuk mengetahui persepsi jemaah tentang
wakaf uang, minat terhadap wakaf uang, dan pengaruh persepsi terhadap minat
wakaf uang.
Metode Penelitian yang digunakan ialah kuantitatif. Sumber data berupa
primer dan sekunder. Jenis datanya ialah data lapangan. Teknik pengumpulan data
menggunakan kuesioner, studi literatur, dokumentasi. Analisis data menggunakan
analisis regresi sederhana dan pengolahan data melalui software SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan persepsi jemaah Masjid Daarut Tauhiid
Bandung mengenai wakaf uang ialah baik dan jemaah memiliki minat yang sangat
tinggi terhadap wakaf uang. Berdasarkan pengujian regresi, diperoleh nilai thitung
sebesar 4,458 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 (<0,05) yang artinya
bahwa persepsi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat wakaf uang.
Nilai koefisien determinasi sebesar 0,169 yang berarti pengaruh variabel persepsi
terhadap minat wakaf uang 16,9% dan sisanya 83,1% dipengaruhi oleh faktor lain.