Abstract:
Munculnya usaha-usaha kecil dan menengah tumbuh untuk memenuhi
kebutuhan masyarakat tentunya akan memerlukan modal di dalam kegiatan
operasionalnya. Salah satunya adalah produk pembiayaan mikro dari Bank Syari’ah
untuk penambahan modal. Memunculkan minat seseorang mengambil pembiayaan
diperlukan faktor yang mempengaruhi seperti faktor persepsi dan perilaku
konsumen. Karena, apabila seseorang memiliki persepsi dan perilaku konsumen
yang baik terhadap pembiayaan mikro di perbankan Syari’ah maka memungkinkan
akan timbul sebuah minat dalam diri untuk melakukan pembiayaan mikro. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh persepsi dan perilaku
masyarakat terhadap pembiayaan mikro di bank Syari’ah secara parsial dan
simultan.
Metode penelitian yang digunakan ialah kuantitatif. Sumber data berupa data
primer dan sekunder. Adapun jenis data ialah data lapangan yang diperoleh
langsung dari responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, dan
dokumentasi. Metode yang digunakan menggunakan analisis regresi linear
berganda dengan pengolahan data melalui software SPSS.
Berdasarkan hasil pengujian regresi, diperoleh nilai thitung sebesar 0,456
sedangkan ttabel = 1,987 yang berarti bahwa persepsi tidak berpengaruh signifikan
terhadap minat pembiayaan mikro. Dan variabel perilaku konsumen berpengaruh
secara signifikan terhadap variabel minat karena hasil thitung perilaku konsumen
sebesar 5,141 sedangkan ttabel = 1,987. Adapun nilai koefisien determinasi sebesar
48,9% sisanya yaitu 51,1% yang dijelaskan oleh variabel lain diluar model.