Abstract:
Abstrak. Pemasaran menjadi suatu proses untuk memenuhi kebutuhan dan dapat
memuaskan konsumen. Upaya bauran pemasaran yang dilakukan penginapan
Wisma Syariah Vandera Kabupaten Garut belum mencapai tingkat kepuasan
konsumen yakni adanya ulasan negatif konsumen dan rendahnya penilaian
penginapan pada aplikasi jasa penginapan. Tujuan dari penelitian ini untuk
mengetahui marketing mix di penginapan Wisma Syariah Vandera Kabupaten
Garut dan untuk mengetahui prioritas marketing mix di penginapan Wisma
Syariah Vendera Kabupaten Garut. Jenis penelitian ini ialah penelitian kualitatif,
menggunakan pendekatan fenomenologis. Metode yang digunakan ialah metode
survei. Teknik analisa data menggunakan Analitycal Hierarchi Process (AHP).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan marketing mix di penginapan
Wisma Syariah Vandera Kabupaten Garut telah memenuhi 7 komponen yakni
produk, harga, tempat, promosi, bukti fisik, orang-orang dan proses. Hasil
perhitungan kuesioer dengan tingkat inkonsistensi 0,01 menunjukan bahwa
kriteria proses menempati prioritas pertama dengan nilai bobot 0,193, sedangkan
kriteria harga menempati prioritas kedua dengan nilai bobot 0,180, kriteria bukti
fisik menempati prioritas ketiga dengan nilai bobot 0,166, kriteria orang-orang
memiliki nilai bobot 0,165, promosi memiliki nilai bobot 0,103, produk memiliki
nilai bobot 0,098 dan tempat memiliki nilai bobot 0,096 masing-masing berurutan
menempati posisi 4, 5, 6, dan 7.