Abstract:
Indonesia memiliki potensi wisata yang beraneka ragam. Pariwisata
mempunyai peran penting diantaranya meningkatkan pertumbuhan ekonomi,
meningkatkan kesejahteraan rakyat, menghapus kemiskinan, dan mengatasi
pengangguran. Kabupaten Subang memiliki peluang besar dalam wisata religi,
yaitu wisata religi pada Masjid Al-Jihad Rd Aria Wangsa Goparana, namun belum
begitu berkembang. Wisata religi merupakan perjalanan dengan tujuan
mendapatkan kenikmatan, kepuasan serta pengetahuan. Wisata religi bisa ke
masjid, makam orang besar, bersejarah, pemimpin, atau tokoh. Tujuan penelitian
ini adalah untuk menganalisis strategi pengembangan potensi wisata religi dan
dampak wisata religi dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Metode
penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode analisis SOAR yaitu
analisis identifikasi faktor internal eksternal. Penulis menganalisis strategi
pengembangan potensi wisata religi. Berdasarkan hasil penelitian, kesimpulan
yang diperoleh pertama, alternatif strategi yang dihasilkan terdapat empat strategi
yaitu strategi SA (Strength dan Aspirations), Strategi OA (Opportunities dan
Aspirations), Strategi SR (Strength dan Results), dan strategi OR (Opportunities
dan Results). Kedua, dengan adanya wisata religi terbukti terjadinya peningkatan
jumlah UMKM dan berkurangnya pengangguran serta terbukanya lapangan
pekerjaan baru di sekitar area tempat wisata.